Share

Simak Pertolongan Pertama kepada Orang yang Tersedak

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 22:30 WIB
$detail['images_title']
Orang tersedak (Foto: Shutterstock)

SAAT makan kadang seseorang buru-buru dan tersedak. Jika tidak segera diberi pertolongan tersedak juga bisa berakibat parah bahkan kematian.

Perlu diketahui, tersedak sendiri akibat tersumbatnya trachea (batang tenggorok) oleh benda asing, muntah, atau cairan lain.

 tersedak

Gejala dari tersedak antara lain:

-Tidak dapat berbicara atau menjerit

-Wajah membiru akibat kekurangan oksigen

-Penderita seperti tercekik

-Batuk dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi.

Jadi di dalam tubuh kita terdapat tenggorokan. Tenggorokan kita mempunyai dua saluran, yaitu kerongkongan dan trachea. Kerongkongan (jalan makan) berfungsi memasukkan makanan dalam perut.

Saat kita makan atau minum, pita suara ini tertutup yang mencegah makanan masuk ke saluran pernapasan. Tersedak adalah suatu proses dimana makanan salah masuk jalur, masuk ke trachea yang merupakan jalan napas.

Dokter Spesialis Paru-paru Dr dr Agus Dwi Susanto menjelaskan, tidak menampik bahwa tersedak juga bisa menjadi penyebab kematian seseorang. Hal ini terjadi karena masuknya benda asing hingga menyumbat saluran pernapasan.

"Akibat sumbatan yang terjadi itu menyebabkan seseorang itu sesak napas dan sulit bernapas. Bahkan kalau sumbatan total bisa menyebabkan asfiksia, sesak napas berat yang akhirnya seseorang yang tersedak tidak bisa napas sama sekali hingga akhirnya meninggal dunia karena saluran napas tersumbat," jelas dr Agus Dwi Susanto, seperti dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa orang yang tersedak harus segera mendapat pertolongan pertama untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan tersebut.

"Misalnya kalau orang tersedak dewasa, bayi sama anak beda. Kalau dewasa itu pertolongan pertama bisa ditepuk-tepuk punggungnya, disuruh membungkuk supaya yang tersedak bisa keluar," tuturnya.

Cara lain yang bisa dilakukan, menurut dr Agus, dengan menggunakan metode Heimlich Maenuver yaitu memberikan dorongan pada ulu hati orang yang tersedak.

"Pada prinsipnya kita menolong dari belakang orang tersedak, kemudian tangan kita dikepalkan di daerah ulu hati, kemudian tangan kanan itu mendorong, jadi seperti kita mendekap dari belakang tapi tangan kita mendorong daerah ulu hati. Dengan mendorong ke atas daerah diafragma terdorong diharapkan akan mendorong udara dari paru dan mendorong benda yang nyangkut keluar," ujarnya.

1
2