Share

Manfaat Daun Salam untuk Darah Tinggi, Begini Cara Mengolahnya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 17:42 WIB
$detail['images_title']
Manfaat Daun Salam untuk Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA manfaat daun salam untuk darah tinggi yang bisa kita olah sendiri di rumah. Daun salam memang diklaim bisa membantu mengendalikan darah tinggi dan membuatnya pun tidak sulit.

Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini harus segera ditangani, sebab dapat menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Umumnya, dokter akan memberikan resep obat-obatan sebagai solusi pengobatan. Namun tak jarang juga penderita darah tinggi disarankan untuk melakukan pola gaya hidup sehat.

Daun salam untuk darah tinggi

Sebagai alternatif, tak sedikit penderita juga mengonsumsi minuman atau makanan tradisional guna membantu menurunkan darah tinggi. Salah satunya menggunakan daun salam. Lantas, manfaat daun salam untuk darah tinggi dan cara membuatnya? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Daun salam (syzygium polyanthum) termasuk salah satu bahan obat-obatan herbal yang digunakan untuk berbagai penyakit. Salah satunya untuk menangani penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Daun salam kaya akan kandungan minyak atsiri, tanin, dan flavonoid. Flavonoid sendiri dipercaya berkhasiat untuk mencegah hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Sehingga tak heran bila banyak orang yang membuat ramuan daun salam sebagai pengobatan.

Umumnya, cara mengonsumsi daun salam sebagai obat untuk darah tinggi berupa air rebusan. Adapun caranya sebagai berikut.

- Terlebih dahulu siapkan bahan 7 hingga 15 lembar daun salam segar. Jangan lupa dicuci bersih

- Kemudian siapkan 3 gelas air atau 600 ml

- Selanjutnya rebus daun salam segar dan air hingga menjadi kira-kira satu gelas saja

- Setelah itu dinginkan dan saring. Minum ramuan sebanyak satu gelas dua kali sehari sebelum makan

Demikian manfaat daun salam untuk darah tinggi dan cara membuatnya yang wajib diketahui penderita darah tinggi. Sebaiknya konsumsi rebusan daun salam dilakukan secara rutin agar darah tinggi cepat turun.

1
2