Share

7 Obat Alami untuk Sakit Gigi Berlubang, Gampang Kok Buatnya

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 14:44 WIB
$detail['images_title']
Sakit Gigi Berlubang. (Foto: Shutterstock)

ADA 7 obat alami untuk sakit gigi berlubang guna membantu mengatasi masalah sakit gigi berkelanjutan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis obat sakit gigi salah satunya obat sakit gigi yang terbuat dari bahan alami.

Permasalah gigi berlubang sangat umum kita temui pada sebagian besar masyarakat. Saat rasa sakit mulai menjangkit gusi akan bengkak dan terasa nyeri. Kegiatan kita sehari-hari terganggu serta terkendala apalagi jika rasa sakit tersebut muncul tiba-tiba.

Penyebab gigi berlubang biasanya karena bakteri yang memproduksi asam dari makanan yang kita makan. Adanya asam dari bakteri ini dapat merusak gigi dan menyebabkan infeksi. Jika terus berlanjut, gigi berlubang akan menjalar dan menyebabkan penyakit jantung.

Berikut adalah 7 obat alami untuk sakit gigi berlubang ampuh dan mudah untuk membuatnya. Yuk, simak lebih lanjut artikel berikut ini:

Kunyit

Selain bisa menjadi bumbu dapur, kunyit juga dikenal sebagai antibakteri dan anti peradangan yang mampu mengatasi gigi berlubang. Kunyit juga sangat mudah kita temukan maupun kita tanam sendiri.

Cara mengolah kunyit untuk sakit gigi dengan menghancurkannya hingga halus dan gunakan untuk berkumur. Dalam berkumur dianjurkan menggunakan air hangat.

Sakit GIgi

Lidah Buaya

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari lidah buaya. Tidak hanya untuk kecantikan dan kesehatan rambut saja lidah buaya juga berguna untuk mengatasi sakit gigi penyebab gigi berlubang.

Ambil gel dari lidah buaya secara lancung kemudian gosokkan pada area gigi yang sakit. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan kumur dengan air hangat.

Cengkeh

7 obat alami untuk sakit gigi berlubang selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh memiliki sifat anti peradangan, antibakteri dan analgesik yang sangat membantu dalam mengatasi masalah gigi berlubang.

Cara mengaplikasikan cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang sangat mudah. Pertama, larutkan 2 sampai 3 tetes minyak cengkeh campur dengan seperempat sendok teh minyak wijen. Setelah itu, celupkan kapas dan tepukan pada bagian gigi berlubang. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

Follow Berita Okezone di Google News

Bawang Putih

Bawang putih sangat direkomendasikan dalam pengobatan tradisional terlebih untuk mengatasi gigi berlubang. Mulai dari rasa mengatasi rasa nyeri hingga merawat kesehatan gigi. Haluskan 3 siung bawah putih dengan seperempat sendok teh garam. Oleskan pada bagian gigi berlubang dan kumur dengan air hangat.

 

Garam

Garam sebagai penyedap masakan ternyata juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Kandungan antibakteri dan antiseptiknya membasmi kuman dan bakteri gigi berlubang. Cukup larutkan satu sendok garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Akar Manis

Akar Manis mengandung senyawa licoricidin dan licorisoflan A yang berguna menghambat pertumbuhan kuman penebab gigi berlubang. Caranya cukup menggunakan bubuk akar manyikat gigi. Selain mengghambat pertumbuhan kuman, akar manis juga bisa untuk menghilangkan plak pada gigi. Cukup gosokan perlahan batang lembut akar manis pada gigi.

Teh Peppermint

Meminum teh peppermint dapat menenangkan saraf dan melegakan tenggorokan. Selain itu, teh peppermint juga bisa untuk mengobati sakit gigi terutama pada gigi sensitif. Teh peppermint juga sangat mudah didapat.

Cara menggunakan teh peppermint sebagai obat sakit gigi yaitu dengan menggunakan kantong teh peppermint. Celupkan teh peppermint kedalam air, lalu angkat dan dinginkan dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin, ambil kantong teh peppermint dan gunakan untuk mengompres bagian gigit yang sakit.

1
2