Share

Lucinta Luna Mau Operasi Ganti Kulit, Ini Risiko Komplikasinya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 11:20 WIB
$detail['images_title']
Lucinta Luna, (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

MELALUI Instagram Storynya baru-baru ini, Lucinta Luna menyebut ia masih akan menjalani tindak operasi ganti kulit.

Pedangdut sensasional tersebut, sebelumnya diketahui baru saja usai menjalani sederet operasi plastik. Mulai dari operasi potong rahang hingga operasi tulang ekor.

" Nanti step ketiga, terakhir operasi ganti kulit," tulis Lucinta Luna, lewat Instagram Storynya baru-baru ini.

Operasi ganti kulit, atau biasa disebut sebagai operasi cangkok kulit (skin grafting) dalam dunia medis merupakan tindak prosedur pembedahan yang bertujuan untuk membantu mengganti kulit yang hilang atau rusak, memperbaiki penampilan secara estetika, dan mengembalikan fungsi dari kulit.

Seperti halnya tindak operasi bedah yang lainnya, operasi cangkok kulit juga hadir dengan risiko. Memang, sebagian besar operasi cangkok kulit berhasil dilakukan. Tapi bisa saja, tubuh terkadang tidak menerima cangkok kulit tersebut dan membuat pasien tersebut butuh operasi cangkok kulit yang kedua selanjutnya.

 


(Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

Follow Berita Okezone di Google News

Mengutip Medicalnewstoday, Rabu (13/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Amanda Caldwell, MSN, APRN-C, operasi ganti alias cangkok kulit tersebut juga berpeluang menimbulkan komplikasi seperti lokasi cangkok jadi menyusut, terbentuknya bekas luka, kulit jadi tampak tak sempurna, kulit jadi lebih sensitif atau malah bisa jadi kurang sensitif.

Seperti yang disinggung di atas, operasi cangkok kulit bisa saja tak berhasil karena tubuh menolak cangkok kulit yang bisa disebabkan karena adanya infeksi, memar atau bocornya pembuluh darah yang lebih dalam (hematoma), aliran darah yang buruk, terlalu banyak gerakan, sirkulasi yang buruk di luka hingga terjadinya penumpukan darah atau cairan (seroma).

Maka jika operasi cangkok kulit yang pertama tidak berhasil, orang tersebut mungkin memerlukan pengulangan operasi cangkok kulit.

BACA JUGA: Usai Operasi Tulang Ekor, Seks Akan Lebih Menyakitkan?

BACA JUGA:Lucinta Luna Operasi Tulang Ekor, Ini Bahayanya!

1
2