Share

Lucinta Luna Mau Operasi Ganti Kulit, Apa Saja Jenisnya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 10:56 WIB
$detail['images_title']
Lucinta Luna, (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

BELUM puas operasi potong rahang, pengecilan jakun hingga tulang ekor untuk semakin memperindah penampilannya. Lucinta Luna mengabarkan dirinya masih hendak menjalani tindak operasi lainnya.

Hal ini diketahui saat dia membuat fitur tanya jawab di Insta Story, ketika seorang netizen bertanya kepada Lucinta apakah dirinya bakal berhenti melakukan operasi.

"Ratu, ini operasi terakhir kan?" tanya sang netizen, dikutip Rabu (13/7/2022).

Namun Lucinta menjawab operasi yang dilakukan belum berakhir, pelantun Jom Jom Manjalita itu mengaku ia akan menjalani operasi ganti kulit.

"Belum nak, ini operasi kedua. Nanti step ketiga, terakhir operasi ganti kulit," jawab Lucinta.

Melansir Healthline,  yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli bedah plastik, Dr. Catherine Hannan, M.D, operasi ganti kulit atau operasi cangkok kulit (skin graft) merupakan prosedur pembedahan dengan mengangkat kulit dari satu area tubuh dan memindahkannya ke area tubuh lainnya. Biasanya, operasi kulit seperti ini dilakukan ketika ada bagian tubuh pasien yang kehilangan lapisan pelindung kulitnya akibat mengalami luka bakar, cedera atau penyakit.

Operasi cangkok kulit sendiri terbagi dalam dua tipe umum, split-thickness grafts dan full-thickness grafts. Jenis split-thickness grafts, yakni operasi cangkok kulit dengan pengangkatan lapisan atas kulit epidermis serta sebagian dari lapisan kulit yang lebih dalam atau dermis.

Biasanya operasi cangkok kulit jenis ini memakai kulit dari bagian paha depan atau luar, perut, bokong, atau punggung. Metode yang pertama ini disebutkan biasanya dipilih ahli bedah sebagai solusi untuk menutupi area yang lebih besar dari kulit yang rusak. Hasil akhirnya bisa jadi lebih mengilap dan halus, serta bisa juga terlihat lebih pucat daripada kulit di sebelahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara tipe yang kedua, full-thickness grafts adalah operasi cangkok kulit full yang melibatkan pengangkatan semua epidermis dan dermis.

Ahli bedah biasanya mengambil kulit yang sehat dari bagian perut, selangkangan, lengan bawah, atau daerah di atas klavikula (tulang selangka). Cangkokannya berupa potongan kulit yang lebih kecil, yang kemudian disatukan dan ditutup dengan sayatan garis lurus dengan jahitan atau staples.

Jenis metode operasi ganti kulit yang kedua ini, biasanya sering digunakan sebagai solusi untuk memperbaiki luka kecil di bagian tubuh yang sangat terlihat, contohnya wajah. Tidak seperti split-thickness, full thickness seluruhnya menyatu dengan kulit yang ada di sekitarnya dan memang menampilkan hasil estetika yang lebih baik.

 BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Operasi Rahang Seperti yang Dilakoni Lucinta Luna

BACA JUGA:Lucinta Luna Operasi Potong Rahang, Apa Efek Samping dan Risikonya?

1
2