Share

5 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Bikin Cantik!

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 10:26 WIB
$detail['images_title']
Manfaat sunscreen (Foto: Timesofindia)

BAGI Anda yang sering bepergian ke luar ruangan, apalagi yang lebih banyak melakukan aktivitas di luar, maka tak akan terhindari dari paparan sinar uv matahari. Hal ini tentunya akan memengaruhi kondisi dan kesehatan kulit Anda, mulai dari muncul flek hitam, kering, hingga dehidrasi.

Untuk itu para ahli kecantikan menyarankan, agar Anda rajin menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai pelindung dari paparan UV. Di mana sinar tersebut, bisa merusak kulit cantik Anda. Dilansir dari laman Parrish Health Care, berikut ini manfaat sunscreen untuk perawatan kecantikan.

1. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Sunscreen

Rutin menggunakan sunscreen setiap hari dapat mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Apabila Anda tidak menggunakan sunscreen, maka saat di bawah sinar matahari tanpa perlindungan dapat merusak kolagen dan jaringan ikat kulit Anda. Hal itu berarti Anda dapat kehilangan elastisitas dan menimbulkan kerutan.

BACA JUGA : Ladies, Simak Yuk Tips Pakai Sunscreen Tanpa Khawatir Jerawatan

2. Menghindari Sunburn

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit tidak hanya menimbulkan bintik-bintik hitam, tapi bisa membuat kulit Anda terbakar (sunburn). Akibatnya akan terlihat lebih gelap, kusam dan warnanya tidak merata.

Terbakar akibat sinar matahari biasanya membutuhkan waktu beberapa hari atau lebih lama untuk sembuh, jadi sangat penting untuk selalu memakai tabir surya.

BACA JUGA : Benarkah Sunscreen Waterproof Itu Tahan Air?

3. Mengurangi Flek atau Bintik-bintik Hitam

Selanjutnya menggunakan sunscreen dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah Anda, akibat paparan sinar UV sehingga membuat noda di kulit.

Oleh karena baik sedang di dalam maupun di luar ruangan, jangan sampai terlewat mengoleskan sunscreen.

4. Menghindari Pecahnya Pembuluh Darah

Dikenal juga sebagai telangiectasias, sinar UV dapat merusak dinding pembuluh darah kulit, sehingga menyebabkannya menipis. Penipisan pembuluh darah meninggalkan munculnya memar atau pendarahan.

5. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker kulit adalah dengan memakai tabir surya. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) merekomendasikan penggunaan tabir surya spektrum luas dengan minimal SPF 15, tetapi semakin tinggi angkanya, semakin baik perlindungan UV.

Oleskan sunscreen ke kulit Anda setelah terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, usai berenang dan berkeringat.

1
2