Share

WHO Ingatkan Covid-19 Masih Jadi Kedaruratan Kesehatan Global

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 21:46 WIB
$detail['images_title']
WHO, (Foto: Reuters)

MESKI sudah banyak pelonggaran aturan protokol kesehatan, banyaknya jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan, dan aktivitas sosial ekonomi masyarakat global yang berangsur berjalan normal. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan jika penyakit Covid-19 masih jadi situasi darurat.

Secara tegas, agensi kesehatan PBB tersebut, pada hari ini, Selasa (12/7/2022) mengatakan bahwa Covid-19 masih tetap menjadi keadaan darurat global. Setelah hampir 2,5 tahun paska diumumkan pertama kali statusnya sebagai pandemi, sebagaimana dilapor Reuters.

Komite Darurat WHO yang terdiri dari para ahli independen, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa meningkatnya kasus infeksi Covid-19, situasi bahwa virus corona masih terus berkembang dan bermutasi yang sedang berlangsung saat ini, dan kondisi di mana ada tekanan pada layanan kesehatan di sejumlah negara. Sejatinya menjadi penanda bahwa situasi akan Covid-19 masih darurat.

Disebutkan lebih lanjut, angka kasus positif Covid-19 yang dilaporkan ke WHO mengalami peningkatan hingga 30 persen dalam dua pekan terakhir.

Sebagai informasi, WHO sendiri diketahui pertama kali menyatakan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) alias darurat kesehatan masyarakat untuk Covid-19 sebagai level kewaspadaan tertinggi pada 30 Januari 2020.

Pengumuman status seperti ini, bertujuan agar bisa mempercepat studi penelitian, pendanaan, dan langkah-langkah kesehatan masyarakat internasional untuk mengatasi penyakit tersebut.

BACA JUGA:Kasus Covid-19 Naik Lagi, saatnya Miliki Barang Berikut Ini Sebagai Bentuk Pencegahan!

BACA JUGA:Warning! Muncul Subvarian Omicron BA.5.2.1 dari China

1
2