Share

5 Cara Mencegah Alergi Debu Tak Mudah Kambuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 18:38 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

SAAT alergi debu kambuh, orang yang memiliki alergi satu ini biasanya akan mengalami bersin-bersin, mata berair, hidung gatal, pilek, bahkan bisa saja sampai sesak napas.

Sederet gejala alergi debu di atas, tentu sangat menganggu dan membuat kita tak nyaman beraktivitas. Peluang kambuhnya alergi debu ini bisa dikurangi dengan sederet langkah pencegahan.

Nah, apa saja sih langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar alergi debu yang diidap tidak mudah kambuh? Merangkum WebMD yang sudah ditinjau secara medis oleh Hansa D. Bhargava, MD, Selasa (12/7/2022) mari simak paparan singkatnya di bawah ini.

1. Minim kontak: Maksudnya di sini, batasi seminim mungkin Anda terkena paparan debu atau tungau debu. Contohnya, jaga suhu di rumah agar tetap dingin, sejuk dan kering. Tungau debu suka suhu sekitar 70 F atau lebih tinggi dan kelembaban mencapai 70 hingga 80 persen. Semakin dingin dan semakin kering, tungau debu tidak bisa bertahan hidup.

BACA JUGA:Ririn Ekawati Alergi Debu, Apa Saja Gejalanya?

2. Bersihkan rumah: Untuk menghilangkan debu dan kulit mati, bersihkan rumah dimulai dari kamar tidur. Sejumlah besar tungau debu bisa berkumpul di kasur, tempat tidur, dan furnitur yang berlapis kain. Rajin pel lantai, vakum karpet satu sampai dua kali seminggu, cuci karpet pakai air panas, vakum furnitur berlapis kain seperti sofa, rajin cuci dan ganti gorden, bersihkan sisi bawah dan belakang sofa serta lemari-lemari.

3. Pakai masker: Saat bersih-bersih, wajib menggunakan masker wajah sebagai alat pelindung dasar (APD).

4. Bersihkan kamar tidur dengan tepat: Pakai penutup tungau debu plastik kedap udara untuk bantal, guling dan kasur. Gunakan bantal yang diisi dengan serat poliester sebagai pengganti kapuk atau bulu. Cuci tempat tidur dengan air yang sangat panas (lebih dari 130 Fahrenheit) seminggu sekali, cara ini untuk membunuh tungau debu. Keringkan tempat tidur bisa dijemur atau dengan hot dryer.

5. Ciptakan udara bersih: Pakai AC atau dehumidifier untuk menurunkan kelembapan ruangan, pasang filter HEPA dengan peringkat MERV 11-13 di heater dan AC, serta rutin ganti filter setiap 3 bulan, tutupi ventilasi dalam ruangan dengan kain tipis bisa menangkap debu dan alergen. Terakhir, jaga kelembaban rumah di antara 40 dan 50 persen, bisa pakai higrometer untuk mengukurnya.

1
2