Share

Faktor Penyebab Alergi Debu, Kondisi yang Diidap Ririn Ekawati

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 17:48 WIB
$detail['images_title']
Bersin salah satu gejala alergi debu, (Foto: Freepik)

ARTIS Ririn Ekawati diketahui memiliki alergi debu, saat alergi debu tersebut kambuh, memang begitu menganggu jalannya aktivitasnya sehari-hari.

Istri Ibnu Jamil tersebut menyebut, ia mengidap alergi debu sama persis seperti yang diidap oleh sang ayah.

Secara medis, mengutip WebMD yang sudah ditinjau secara medis oleh Chief Medical Officer dan dokter anak, Hansa D. Bhargava, MD, alergi debu atau alergi tungau debu adalah reaksi alergi yang ditimbulkan karena alergi terhadap serangga kecil yang hidup di dalam debu yang ada di rumah. Tungau debu ini memakan sel-sel kulit mati dalam debu dan di tempat-tempat seperti tempat tidur, furnitur, dan karpet yang ada di rumah.

Orang dengan alergi debu seperti Ririn Ekawati biasanya akan mengalami gejala seperti mata merah, gatal, berair, hidung gatal, berair, tersumbat dan bersin-bersin.

Lantas apa sih penyebab dari alergi debu ini? Well, melansir Mayo Clinic, Selasa (12/7/2022) disebutkan bahwa alergi pada seseorang terjadi ketika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi terhadap zat asing seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan atau tungau debu.

Sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi (protein) yang melindungi tubuh dari penyerang asing yang tidak diinginkan yang bisa membuat kita sakit atau munculnya infeksi. Ketika ada alergi, sistem kekebalan ini membuat antibodi yang mengidentifikasi alergen khusus tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya.

Saat terpapar alergen, sistem kekebalan tubuh menghasilkan respons peradangan di saluran hidung atau paru-paru. Ketika sistem kekebalan di tubuh melihat dan mengenali alergen, dalam hal ini tungau debu adalah sesuatu yang berbahaya, maka terjadilah peradangan. Sehingga, tak lama Anda pasti bersin atau pilek.

Jika gejalanya berkembang jadi sanga parah atau berlangsung lama, bisa juga sampai menyebabkan asma.

Debu mengandung kotoran dan tubuh tungau debu yang membusuk. Protein yang ada dalam "puing" tungau debu inilah yang menjadi penyebab alergi tungau debu.

Seperti yang Ririn Ekawati sebutkan, sang ayah juga memiliki alergi debu yang sama. Ya, karena seseorang lebih berkesempatan besar punya alergi debu jika punya riwayat keluarga yang juga memiliki alergi debu atau alergi lainnya.

 BACA JUGA:Ririn Ekawati Alergi Debu, Apa Saja Gejalanya?

BACA JUGA:5 Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Bahan Alami

1
2