Share

Mengenal Apa Itu Operasi Rahang Seperti yang Dilakoni Lucinta Luna

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 14:19 WIB
$detail['images_title']
Operasi rahang, (Foto: Healthline)

BUKAN hanya operasi tulang ekor dan pengecilan jakun, pedangdut Lucinta Luna diketahui baru saja usai menjalani tindak operasi pemotongan rahang.

Sederet rangkaian operasi ini, dijalani Lucinta Luna di Busan, Korea Selatan. Terbaru, dari unggahan foto di akun Instragram pribadinya, Lucinta membagikan kondisi yang ia alami paska operasi pemotongan rahang yang ia jalani.

Terlihat dalam foto, wajahnya dibungkus perban dan tampak membengkak.

“Alhamdulillah selesai sudah OP keduaku operasi gergaji rahang dan potong tulang ekor Ratu 9 nyawa … kali ini wajahku makin bengekk membengkak belum bisa makan dan belum bisa berkicau,” tulis Lucinta Luna sebagai keterangan foto, dikutip Selasa (12/7/2022).

Operasi rahang (operasi ortognatik) atau disebut jaw surgery ini sendiri memang bertujuan untuk menyesuaikan atau meluruskan bentuk rahang. Operasi maca mini, biasanya dilakukan oleh ahli bedah mulut dan dokter gigi.

(Foto:Instagram @lucintaluna_manjalita)

Operasi rahang bisa jadi solusi bagi orang-orang yang punya masalah rahang, misalnya memperbaiki kondisi yang memengaruhi simetri wajah, memperbaiki cedera atau kondisi bawaan terkait wajah, meringankan rasa sakit karena gangguan sendi temporomandibular (TMJ).

Selain itu, lewat operasi rahang juga bisa menjadi piliahn solusi untuk memperbaiki posisi gigi agar gigitan bisa sesuai, mencegah keausan pada gigi, membuat aktivitas mulut seperti menggigit, mengunyah, atau menelan jadi lebih mudah, sampai membantu atasi masalah pernapasan mulut dan gangguan tidur. Demikian sebagaimana dikutip dari Healthline, yang sudah ditinjau secara medis oleh Ortodontik, Rooz Khosravi, DMD, PhD, MSD.

1
2