Share

Begini Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Tak Cuma Serang Lansia Loh

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 18:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Penyebab Tekanan Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA penyebab tekanan darah tinggi atau biasa disebut sebagai hipertensi harus Anda waspadai. Pasalnya, penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa dan kelompok lanjut usia (lansia) saja. Namun, juga anak-anak muda.

Tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih dari itu. Meski hal ini umum terjadi pada banyak orang, namun tekanan darah tinggi tidak bisa dianggap sepele.

Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit lain. Lantas, apa penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi? Simak ulasannya berikut ini.

Secara umum, hipertensi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Kedua kelompok ini memiliki penyebab yang berbeda-beda dan tentunya perlu diwaspadai.

Tekanan darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi Primer

Jenis tekanan darah ini merupakan yang paling sering terjadi. Bahkan 90% kasus terjadi pada orang dewasa. Meski sering terjadi, penyebab tekanan darah tinggi primer belum diketahui secara pasti.

Banyak yang beranggapan jika tekanan darah tinggi primer dipengaruhi oleh faktor keturunan, usia, gaya hidup, dan juga pola makan yang tidak sehat. Gejalanya pun tidak langsung muncul, namun membutuhkan waktu selama bertahun-tahun.

Tekana Darah Tinggi Sekunder

Tekanan darah tinggi jenis sekunder ini jarang terjadi. Jika terjadi pun biasanya karena disebabkan karena berkaitan dengan penyakit lain, seperti:

- Riwayat penyakit ginjal

- Diabetes

- Kelainan hormon

- Gangguan pernapasan saat tidur

- Penyakit jantung bawaan

- Obesitas

- Tumor otak

- Tumor kelenjar adrenal

Tak hanya itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan terjadinya darah tinggi sekunder. Obat-obatan tersebut meliputi, pil KB, obat flu dan batuk, obat anti inflamasi non steroid, obat herbal yang mengandung akar manis, dan obat-obatan terlarang.

Sedangkan, secara umum terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan terjadinya tekanan darah pada manusia. Beberapa faktor penyebabnya antara lain:

- Faktor genetik atau keturunan dari orang tua atau anggota keluarga yang lain

- Karena bertambahnya usia. Ketika seseorang bertambah usia, organ dan pembuluh darah dalam tubuh akan berubah sehingga berdampak pada fungsinya

- Pola makan yang tidak sehat, seperti makan makanan yang terlalu berlemak, tinggi kolesterol, dan asin. Kurang mengkonsumsi makanan dengan kalium juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda terkena tekanan darah tinggi

- Badan yang mengalami obesitas bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

- Jarang olahraga

- Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok

1
2