Share

Begini 2 Cara Membersihkan Nanah Pada Abses Payudara

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 13:32 WIB
$detail['images_title']

ADA 2 cara membersihkan nanah pada abses payudara. Perlu diketahui, abses adalah infeksi penumpukan cairan nanah yang dapat terjadi di seluruh anggota tubuh.

Abses payudara sendiri adalah penumpukan cairan nanah tepat di bawah kulit payudara yang menyakitkan dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis bakteri yang sering menyebabkan infeksi ini adalah Staphylococcus aureus.

Umumnya, bakteri masuk melalui celah kulit payudara maupun puting susu. Infeksi pada payudara ini termasuk kondisi umum pada wanita menyusui.

Selain dialami oleh ibu menyusui, abses ini juga bisa dialami oleh wanita yang tidak menyusui maupun pria. Abses ini disebut juga abses payudara subareolar. Bakteri dapat masuk ke payudara melalui:luka pada jaringan payudara, tindik puting, dan puting pecah-pecah.

Lantas, bagaimana cara membersihkan nanah pada abses payudara? Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan nanah pada abses payudara, sebagai berikut:

Abses Payudara

Pembedahan

Menurut healthline.com, cara satu ini kerap kali dipilih bagi penderita abses payudara yang cukup parah. Perawatan untuk abses payudara melibatkan pengeringan area nanah. Dokter akan melakukan pembedahan dan membuat kulit mati rasa dengan anestesi lokal.

Kemudian, dokter akan mengeluarkan nanah dengan membuat sayatan kecil dan mengeringkan abses secara fisik, atau dengan mengeluarkan nanah melalui jarum. Cara ini dapat dikatakan sebagai cara yang paling efektif, sebab kemungkinan besar abses yang ada di payudara sembuh dan tidak terulang kembali.

 

Perawatan di Rumah

Bagi penderita abses payudara yang tidak membutuhkan perawatan secara intensif dapat dilakukan perawatan secara mandiri di rumah. Yakni, dengan selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan handuk hangat dan lembab pada jaringan yang terinfeksi

Bagi ibu menyusui yang menderita abses hendaknya selalu membersihkan payudara, khususnya daerah puting susu. Idealnya, berhenti menyusui hingga penyakit payudara sembuh.

(mrt)