Share

7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat-obatan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 16:31 WIB
$detail['images_title']
Tips Menurunkan Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA 7 tips menurunkan tekanan darah tinggi yang akan dibahas pada artikel kali ini. Darah tinggi merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh sebagian besar orang dewasa.

Tekanan darah tinggi seringnya tidak bergejala, sehingga penyakit ini sering disebut sebagai “the silent killer”. Meski terlihat biasa saja, tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang serius.

Karena jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan risiko penyakit lain. Bagi penderita darah tinggi, berikut 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Mengutip dari laman Florida Medical Clinic, tekanan darah yang fluktuatif sebenarnya normal terjadi karena disebabkan oleh kegiatan sehari-hari. Disebut sebagai tekanan darah tinggi adalah ketika tekanan darah anda melebihi batas wajar.

Normalnya, tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHg atau kurang dari itu. Jika tekanan darah anda di atas angka tersebut maka tekanan darah anda mengalami peningkatan. Jika tekanan darah anda mencapai lebih dari 130/80 mmHg baru disebut sebagai tekanan darah tinggi.

Tekanan Darah Tinggi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi tidak harus selalu menggunakan obat. Berikut 7 tips menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan:

Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu saja, olahraga juga bisa menurunkan tekanan darah. Dengan berolahraga, jantung akan menjadi lebih kuat dan sehat. Olahraga juga menjadi salah satu pereda stres.

Mengubah pola makan

Mengubah pola makan anda menjadi pola makan sehat merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah. Hindari makanan tinggi lemak dan terlalu banyak natrium. Sebaliknya, lebih banyak konsumsi buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, makanan tinggi serat, dan biji-bijian.

Mempertahankan berat badan

Berat badan yang tetap stabil mampu mengurangi ketegangan pada organ jantung. Ketika jantung tidak merasa tegang, maka jantung akan dengan mudah mengatur tekanan darah.

Batasi asupan natrium

Natrium berlebih dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Mengurangi atau membatasi asupan natrium menjadi salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah.

Hindari stres

Stres menjadi salah satu faktor naiknya tekanan darah. Dengan menghindari stres tentu akan membantu tekanan darah anda kembali menurun. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari stres, seperti melakukan hal yang anda sukai, meditasi, olahraga, atau jalan-jalan.

Berhenti minum alkohol

Alkohol dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh anda, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satunya adalah dapat meningkatkan tekanan darah anda.

Berhenti merokok

Rokok juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Ini juga berefek pada tekanan darah. Dengan berhenti merokok anda akan menyelamatkan beberapa organ pada tubuh anda dan menurunkan tekanan darah.

1
2