Share

10 Ciri Gula Darah Tinggi, Pernah Mengalami?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 14:34 WIB
$detail['images_title']
Gula Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA 10 Ciri gula darah tinggi ini wajib anda ketahui. Pasalnya, gula darah yang tinggi dapat menyebabkan dan meningkatkan resiko penyakit kronis lain, seperti penyakit jantung, stroke, dan saraf.

Dilansir dari laman MedicineNet, gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan istilah medis yang digunakan sebagai istilah tingkat glukosa yang tinggi dalam darah. Glukosa yang tinggi merupakan tanda khas dari penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Memahami ciri-ciri gula darah dapat meningkatkan kewaspadaan untuk terhidar dari penyakit diabetes. Nah, berikut adalah 10 Ciri Gula Darah Tinggi yang patut anda waspadai.

Dilansir dari American Diabetes Association (ADA), seseorang dianggap memiliki gula darah yang tinggi jika:

- Kadar gula darah puasa atau sebelum makan berada di atas 126 mg/dL

- Kadar gula darah dua jam setelah makan berada di atas 200 mg/dL

- Kadar hemoglobin A1C (HbA1C) berada di atas 6,5

Berikut adalah 10 ciri gula darah tinggi yang dilansir dari Self dan beberapa sumber lain:

Gula Darah Tinggi

Pandangan kabur

Kadar gula darah yang tinggi mampu mempengaruhi penglihatan, salah satunya adalah pandangan menjadi kabur. Ini bisa terjadi karena gula yang berlebih dan air terjebak di dalam lensa tengah mata.

Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menjadi indikasi beberapa penyakit. Begitu juga dengan naiknya kadar gula darah. Karena ketika seseorang mengalami kenaikan gula darah, umumnya akan sering buang air kecil dan jika asupan carian tidak terpenuhi dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi inilah yang menyebabkan kepala pusing.

Mudah Haus

Selain sakit kepala, efek dari naiknya kadar gula darah adalah rasa mudah haus. Ini karena tubuh membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi.

Sering Kencing

Sering buang air kecil atau kecing menjadi salah satu ciri hiperglikemia. Ini juga menjadi salah satu penyebab kepala pusing dan mudah haus. Kondisi ini bisa terjadi karena kadar gula yang tinggi menyebabkan ginjal ingin mengeluarkan banyak gula dari tubuh melalui urin.

Merasa Lemas

Mudah merasa lemas memang bukan hanya salah satu ciri anda terkena hiperglikemia. Namun, anda harus mewaspadai jika diri anda sering merasa lemas sampai menganggu aktivitas sehari-hari.

Sering Merasa Kesemutan pada Tangan dan Kaki

Kenaikan gula darah dalam tubuh dapat mempengaruhi neuropari atau saraf. Sehingga beberapa bagian tubuh, seperti tangan dan kaki akan sering mengalami kesemutan.

Sakit Gigi

Hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi ternyata bisa mencemari air liur sampai darah manusia. Hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri dalam mulut. Apalagi jika bakteri ini bertemu dengan sisa makanan dan plak dapat menyebabkan sakit pada gigi anda.

Luka Yang Susah Sembuh

Ciri khas dari naiknya gula darah adalah ketika tubuh anda luka, luka tersebut akan susah sembuh. Hal ini bisa terjadi karena kadar gula mempengaruhi aliran darah dan sistem peredaran darah bisa terganggu.

Mudah Terkena Infeksi

Jika tidak cepat ditangani, kadar gula yang tinggi dapat melemahkan daya tahan tubuh dan menyebabkan tubuh mudah terkena infeksi.

Mual, Muntah, dan Merasa Bingung

Gejala yang cukup langka ini bisa berupa mual, muntah, bingung, sesak nafas, sakit perut, dan lain-lain. Kondisi ini bisa terjadi karena organ hati tidak bisa menggunakan gula darah untuk sumber energi. Sehingga tubuh memecah lemak sebagai bahan bakar dan menyebabkan darah menjadi asam.

1
2