Share

Waspada Cacar Monyet, Dokter: Jangan Berhubungan Seks Sesama Jenis

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 11:26 WIB
$detail['images_title']
Berhubungan seks sesama jenis (Foto: istock)

CACAR monyet telah berkembang di negara tetangga Singapura. Salah satu kasus menarik perhatian karena memiliki gejala yang terbilang aneh.

Gejala tersebut dikatakan di area dubur seorang pria. Dengan penemuan kasus keempat dari Singapura ini, dokter menjelaskan bahwa gejala memang beragam.

 cacar monyet

"Tapi apakah gejala lain yang disebutkan di atas ya ada. Gejalanya memang cukup beragam dari cacar monyet," kata Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan.

Lantas Apa Solusinya?

Menurut Dr Fajri untuk mencegah penularan dari monkeypox, dia meminta masyarakat agar tidak berhubungan (sentuhan fisik atau berhubungan intim) sembarangan. Termasuk berhubungan seks dengan sesama jenis.

"Solusinya ya jangan berbuat aneh-aneh, apalagi dengan yang tidak kita kenal, kita harus berperilaku penuh tanggung jawab. Artinya tidak berhubungan secara sembarangan atau sesama jenis, ya itu sangat kita anjurkan," jelasnya.

Terkait penularan monkeypox karena hubungan seksual. Dikatakan belum diketahui secara pasti. Hal tersebut juga dijelaskan dalam laporan organisasi kesehatan dunia (WHO).

 BACA JUGA:Singapura Konfirmasi Kasus Cacar Monyet ke-4

Penularan dari monkeypox atau cacar monyet ini memiliki beragam gejala, meskipun ada gejala klasik seperti demam, ruam, lesi.

(DRM)