Share

Singapura Konfirmasi Kasus Cacar Monyet ke-4

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 13:07 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak (Foto: Sun Live)

KASUS cacar monyet di dunia semakin berkembang. Di mana kasus keempat telah dilaporkan dari Singapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (MOH) pada Jumat (8/7) sehingga total kasus yang dikonfirmasi sejak Juni menjadi empat. Pasien merupakan warga negara India berusia 30 tahun, yang tinggal di Singapura dan baru saja kembali dari Jerman.

 cacar monyet

Melansir dari CNA, diketahui gejala yang dialami kasus keempat ini aneh yaitu mengalami ruam di area selangkangannya, pada 30 Juni dan seminggu kemudian pada 7 Juli baru mengalami demam.

Sejauh ini, pria tersebut masih dirawat di NCID dan kondisinya stabil. Kasusnya tidak terkait dengan kasus cacar monyet lainnya yang sebelumnya diumumkan oleh kementerian.

Bila diurutkan, kasus pertama merupakan kasus impor yaitu pasien warga negara Inggris berusia 42 tahun, bekerja sebagai pramugari dan dinyatakan positif pada 20 Juni. Kemudian, disusul kasus lokal pertama di negara itu, dilaporkan pada hari Rabu. Pria Malaysia berusia 45 tahun yang tinggal di Singapura.

Ditambah kasus impor lainnya dikonfirmasi pada hari Kamis yaitu warga negara India berusia 36 tahun, yang tinggal di Singapura dan baru saja kembali dari Amerika Serikat.

Sehubungan dengan itu, Kementerian menjelaskan, jika terinfeksi cacar monyet, biasanya pasien pulih dalam dua hingga empat minggu.

 BACA JUGA:Waduh, Pasien Cacar Monyet Keluhkan Gejala di Dubur

"Sebagian kecil dari mereka yang terinfeksi bisa sakit parah atau bahkan meninggal. Mereka yang sangat rentan terhadap komplikasi adalah anak-anak, wanita hamil atau individu dengan gangguan kekebalan,” kata kementerian itu sebelumnya.

(DRM)