Share

Risiko Menelan Jarum Pentul, Bisa Infeksi hingga Radang Usus Buntu!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 16:19 WIB
$detail['images_title']
Jarum pentul (Foto: Arabian Shopping Zone)

HIJABERS kerap kepergok menggigit jarum pentul di mulut saat hendak memakai hijab. Padahal kebiasaan ini sangat berbahaya. Nyatanya, ada banyak kasus tersedak jarum pentul hingga masuk sampai ke saluran pernapasan.

Belum lama ini gadis asal Depok pun mengalami insiden serupa. Beruntungnya, dokter berhasil mengeluarkan jarum pentul dari saluran napas si gadis. Oleh karena itu, semua wanita harus waspada. Hindari menggigit jarum pentul di mulut saat hendak memakai hijab, karena sangat berbahaya risikonya.

jarum pentul

Dikutip dari laman Healthline, Jumat (8/7/2022), dalam banyak kasus, saluran pencernaan memang akan memproses benda yang tertelan tersebut hingga keluar dari tubuh secara alami. Namun dalam kasus lain, benda tersebut bisa saja tersangkut dan menyebabkan cedera dalam perjalanannya melalui tubuh.

Benda yang tersangkut lama di tubuh tanpa pengobatan dapat menyebabkan infeksi, seperti pneumonia aspirasi berulang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada, batuk berdahak, dan mengi. Terkadang, demam pun turut menyertai gejala ini.

Selain infeksi, benda asing yang tertelan seperti jarum pentul juga bisa mencapai liver atau hati. Dijelaskan dalam jurnal ldi aman National Library of Medicine, benda asing dapat mencapai hati melalui salah satu dari tiga rute: penetrasi langsung melalui dinding perut, migrasi dari saluran pencernaan, atau melalui aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan perforasi pada saluran cerna hingga sakit perut akut.

BACA JUGA : Bersin Saat Kenakan Jilbab, Bocah SD Tak Sengaja Telan Jarum Pentul

BACA JUGA : Tak Sengaja Menelan Jarum Pentul saat Mau Pakai Hijab, Apa yang Harus Dilakukan?

Belum berhenti di sana, benda asing yang tertelan juga bisa menyebabkan radang usus buntu, meski prevalensinya hanya 0,0005%. Dalam kondisi darurat, pengambilan endoskopi dengan gastroskopi dapat dicoba untuk mengatasi insiden ini. Jika tidak berhasil atau tidak mungkin, radiografi serial dan jumlah sel darah putih dilakukan.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi jika tidak segera dilakukan tindakan medis adalah perdarahan akibat luka benda tajam. Oleh karena itu hati-hatilah, jangan menggigit jarum di mulut saat hendak memakai hijab!

(hel)