Share

Disebut Kacang Basi, Natto Makanan Khas Jepang Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Natto makanan khas Jepang kaya manfaat (Foto: Timesofindia)

SETIAP negara pastinya memiliki makanan unik dan tidak biasa. Seperti halnya dengan Jepang yang memiliki makanan khas bernama natto. Banyak orang mungkin yang belum mengenal makanan ini. Natto sendiri terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan memiliki tekstur yang berlendir, lengket, dan berserabut.

Biasanya, makanan khas Jepang ini disantap dengan tambahan telur mentah, kecap, daun bawang, mustard, dan bumbu lainnya. Anda bisa menyantap natto dengan nasi atau dimakan langsung.

Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin akan sedikit terganggu dengan baunya yang sangat menyengat. Itulah kenapa natto disebut juga sebagai kacang basi.

Natto

Kendati memiliki aroma yang tak enak, ternyata natto memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh lho. Dilansir dari Healthline, Kamis (7/7/2022) natto mengandung vitamin B6, folat dan asam pantotenat, serta antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Makanan ini sangat bergizi karena karena kedelainya mengalami proses fermentasi, yang menciptakan kondisi yang mendorong pertumbuhan probiotik.

Natto

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya termasuk membuat makanan lebih mudah dicerna, yang memudahkan usus Anda menyerap nutrisinya. Inilah salah satu alasan mengapa natto dianggap lebih bergizi daripada kedelai rebus.

Tak hanya itu, natto juga mengandung lebih sedikit antinutrisi dan senyawa dan enzim tanaman yang lebih bermanfaat daripada kedelai yang tidak difermentasi.

BACA JUGA : Gadis Langsing Lahap Makanan Jepang Natto Seberat 2,5 Kg

Untuk lebih jelasnya, apa saja yah manfaat natto untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Kandungan probiotik di dalam natto dapat bertindak sebagai garis pertahanan pertama usus Anda melawan racun dan bakteri berbahaya.

Para peneliti melaporkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung terkait antibiotik, selain gejala penyakit radang usus (IBD), penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa.

Jadi, setiap gram natto mengandung jumlah probiotik yang hampir sama dengan yang Anda dapatkan dari sebagian besar makanan atau suplemen kaya probiotik lainnya.

Selain itu, kedelai secara alami mengandung antinutrisi, yang dapat membuat tubuh Anda lebih sulit untuk mencernanya. Antinutrisi juga dapat mengurangi jumlah nutrisi yang diserap tubuh Anda dari makanan dan dapat menyebabkan kembung atau mual pada beberapa orang.

Menariknya, fermentasi natto membantu mengurangi tingkat antinutrisi yang secara alami ditemukan dalam kedelai dan memfasilitasi pencernaan mereka.

2. Memperkuat tulang

Natto kaya akan beberapa nutrisi yang berkontribusi pada kesehatan tulang. Salah satunya adalah vitamin K2.

Vitamin K2 memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan mengaktifkan protein pembangun tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang Anda.

Studi menunjukkan suplemen vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kepadatan mineral tulang terkait usia dan dapat mengurangi risiko jenis patah tulang tertentu sebesar 60-81%.

Seharusnya tidak bingung dengan vitamin K1, yang memainkan peran penting dalam pembekuan darah. Dan natto ini juga mengandung K1 dan K2 di dalamnya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Natto

Kandungan serat dan probiotik pada natto dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Proses fermentasi natto juga menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. Selain itu, peneliti Jepang melaporkan bahwa natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

Kandungan K2 di dalam natto tak hanya mampu memperkuat tulang, tapi juga membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri Anda. Vitamin K2 yang dikonsumsi per hari akan membantu penurunan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dan yang terakhir natto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung beberapa nutrisi yang bagus. Natto memiliki kontribusi untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Natto bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh Anda, mengurangi risiko infeksi dan dapat membantu Anda kembali fit lebih cepat jika Anda sakit. Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, natto juga kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

1
2