Share

Tak Selamanya Sehat, Kelebihan Kalsium Malah Sebabkan Masalah Jantung Serius Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 14:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Sakit Jantung. (Foto: Shutterstock)

MEMENUHI kebutuhan kalsium memang sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan akan kalsium pun dapat mencegah Anda dari risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Tapi selayaknya setiap vitamin, kebutuhan kalsium juga harus dibatasi. Pasalnya, akan ada efek samping jika tubuh kita menerima terlalu banyak kalsium. Salah satu efek samping buruk yang bisa terjadi ketika seseorang kelebihan kalsium adalah masalah jantung serius.

Ahli Kesehatan Tulang Prof Ruslan Nazaruddin Simanjuntak, bahwa seseorang yang kadar kalsium tubuhnya tinggi punya risiko alami masalah kesehatan jantung serius. Karenanya, konsumsi suplemen kalsium atau lewat makanan sehari-hari yang teramat tinggi dapat mengalami masalah jantung serius.

Penyakit Jantung

"Terlalu banyak kalsium di dalam tubuh malah bisa sebabkan masalah pada jantung, bahkan kasusnya bisa berat," kata Prof Ruslan saat diwawancarai di ALTY Orthopaedic Hospital, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (6/7/2022).

Lagipula, sambung Prof Ruslan, terjadi salah persepsi di masyarakat soal kalsium ini. Entah dari mana awalnya tapi ada kepercayaan tinggi kalsium dalam tubuh malah membuat tubuh lebih sehat. "Padahal sebaliknya," tegasnya.

"Terlebih masyarakat perlu tahu bahwa kalsium itu tidak akan aktif kalau tidak ada vitamin D. Jadi, mau sebanyak apa kalsium yang didapat tubuh, baik melalui suplemen maupun asupan makanan, ya, tidak akan aktif kalau tidak ada vitamin D," sambung dia.

Vitamin D yang paling efektif memberikan manfaat pada tubuh adalah berjemur di bawah pukul 10 pagi. Vitamin D alami tersebut tidak hanya meningkatkan imunitas tubuh, tapi juga mengaktifkan kalsium yang memang diperlukan juga untuk kesehatan tulang.

"Jadi, kalau makan banyak suplemen kalsium, tapi tidak dibarengi berjemur atau terpapar sinar matahari langsung, ya, kalsiumnya keluar begitu saja. Tidak ada yang diserap tubuh dan memberi manfaat," tambah Prof Ruslan.

Kalsium sendiri adalah jenis mineral yang berperan penting dalam membuat tubuh berfungsi dengan baik. Dari lahir sampai tua, tubuh akan terus membutuhkan kalsium.

Dalam tubuh, kalsium paling banyak ditemukan pada tulang dan gigi. Sebab, keduanya bertindak sebagai tempat penyimpanan kalsium. Nantinya, tulang dan gigi melepaskan kalsium setiap tubuh Anda membutuhkannya.

1
2