Share

Brad Pitt Dikabarkan Idap Prosopagnosia, Ternyata Ada 2 Jenisnya!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 05:00 WIB
$detail['images_title']
Brad Pitt idap prosopagnosia (Foto: Pictolic)

AKTOR tampan Brad Pitt dikabarkan mengidap Prosopagnosia. Oleh karena itu ia kesulitan mengenali wajah orang-orang yang sudah ditemuinya. Akibatnya dia sering dituding sombong.

Seperti dilansir dari New York Post, Prosopagnosia bisa terjadi kepada siapa saja. Ciri utamanya, orang tersebut tidak mengenali seseorang setelah bertemu dengan mereka.

"Namun memang tak seorang pun percaya kepadaku," ujar Pitt berkeluh kesah.

 Brad Pitt

Prosopagnosia merupakan gangguan otak yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mengenal wajah orang lain atau buta wajah. Hal ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah.

Prosopagnosia disebabkan karena kelainan, gangguan, atau kerusakan lipatan di otak yang disebut fusiform gyrus kanan. Akibatnya penderita mengalami buta wajah.

Prosopagnosia atau buta wajah dibedakan menjadi 2 jenis:

1. Development prosopagnosia

Development prosopagnosia terjadi karena kelainan genetik atau sudah terjadi sejak seseorang dilahirkan. Prosopagnosia jenis ini umumnya terjadi pada orang yang memiliki riwayat orang tua atau keluarga dengan gangguan serupa.

 BACA JUGA:Brad Pitt Dikabarkan Alami Prosopagnosia, Penyakit Apa Itu?

2. Acquired prosopagnosia

Penderita prosopagnosia jenis ini sebelumnya dapat mengenal dan membedakan wajah seseorang. Namun, karena adanya suatu kondisi seperti stroke atau cedera otak, maka seseorang kehilangan kemampuan tersebut.

Kebutaan wajah tidak selalu merupakan gejala standar autisme , tetapi tampaknya lebih sering terjadi pada mereka dengan autisme daripada pada populasi umum. Ini berteori bahwa kebutaan wajah mungkin menjadi bagian dari apa yang kadang-kadang mengganggu perkembangan sosial orang dengan autisme.

Gejala yang paling umum dari kebutaan wajah adalah ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah orang lain. Mungkin sangat sulit bagi orang dengan kebutaan wajah untuk mengidentifikasi seseorang yang muncul dalam situasi atau konteks yang berbeda dari yang biasa mereka temui.

Mereka yang mengalami kebutaan wajah sedang hingga parah mungkin kesulitan mengenali wajah orang yang sering mereka lihat, termasuk anggota keluarga dan teman dekat. Lebih parahnya lagi, orang dengan kebutaan wajah mungkin tidak mengenali wajah mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan sosial atau depresi .

1
2