Share

Apa Itu Tracheal Shave? Operasi Pengecilan Jakun yang Dilakoni Lucinta Luna

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 13:38 WIB
$detail['images_title']
Lucinta Luna (Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

LUCINTA Luna tengah berada di Korea Selatan untuk menjalani operasi plastik. Lewat akun Instagram pribadinya baru-baru ini, Lucinta mengabarkan ia baru saja usai menjalani operasi pengecilan jakun.

“Yang pada nanya Ratu habis operasi apa? Pemotongan leher pembuangan khodam dan operasi bedah wujud,” tulis Lucinta Luna di akun Instagram pribadinya, pada 6 Juli lalu.

Operasi yang dilakoni penyanyi dangdut tersebut, dalam dunia medis disebut sebagai tracheal shave. Jenis operasi membuat tampilan wajah jadi lebih feminin, yang disebutkan biasanya memang dilakoni oleh wanita transeksual dan orang transeksual non-biner yang ingin wajahnya terlihat lebih feminin.

Mengutip Healthline, Kamis (7/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Reema Patel, MPA, PA-C, prosedur ini biasa disebut sebagai operasi pengecilan jakun, atau istilah medisnya dikenal sebagai chondrolaryngoplasty, atau pengurangan tulang rawan tiroid.

 

(Foto: Instagram @lucintaluna_manjalita)

Pemotongan trakea adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan laring. Laring ini terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan. Penonjolan laring inilah yang lebih sering disebut sebagai jakun.

Selama proses pemotongan trakea, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring. Tulang rawan tiroid adalah untuk melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan. Bagi orang yang terlahir sebagai laki-laki, hormon testosteron yang ada, membuat adanya peningkatan ukuran dan volume laring dan tulang rawan tiroid selama masa pubertas. Pita suara juga menjadi lebih panjang selama waktu ini.

Perubahan ukuran volume laring dan bertambah panjangnya pita suara inilah yang menyebabkan suara menjadi lebih dalam. Sekaligus juga menyebabkan pembentukan benjolan yang menonjol di bagian depan tenggorokan.

Sebagian orang menjalani operasi pemotongan jakun ini, bersamaan dengan prosedur lainnya, seperti pengecilan dagu, pengecilan rahang, pembesaran bibir, kontur dahi, hingga pembesaran pipi.

 BACA JUGA:Annisa Trihapsari Keguguran, Simak Risiko Hamil di Atas 40 Tahun!

BACA JUGA:4 Cara Turunkan Risiko Terkena Stroke, Ubah Gaya Hidup Jadi Kunci!

1
2