Share

5 Manfaat Daging Kurban Sapi dan Kambing saat Idul Adha untuk Kesehatan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 16:18 WIB
$detail['images_title']
5 Manfaat Daging Kurban Sapi dan Kambing saat Idul Adha untuk Kesehatan (Foto: Timesofindia)

5 MANFAAT daging kurban sapi dan kambing saat Idul Adha untuk kesehatan akan dibahas dalam artikel ini. Saat perayaan Idul Adha, daging sapi dan daging kambing pastinya akan melimpah.

Daging sapi dan kambing akan diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Namun, Anda perlu membatasi konsumsi daging sapi dan kambing agar tetap bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 5 manfaat daging kurban sapi dan kambing saat Idul Adha jika tak dikonsumsi berlebihan yang dilansir dari Medium, Kamis (7/7/2022).

Sumber protein

5 Manfaat Daging Kurban Sapi dan Kambing saat Idul Adha untuk Kesehatan

(5 Manfaat Daging Kurban Sapi dan Kambing saat Idul Adha untuk Kesehatan, Foto: Timesofindia)

Seperti kita ketahui, protein penting untuk otot dan pertumbuhan yang sehat. Jika Anda pencinta olahraga, daging tanpa lemak ini bisa menjadi makanan yang baik.

Mengonsumsi daging kambing dan sapi secukupnya membantu dalam perbaikan dan pertumbuhan otot, serta memenuhi kebutuhan protein harian yang baik. Tetapi selalu ingat kelebihan apa pun dapat memperburuk kesehatan, jadi kombinasikan dengan makanan dan buah-buahan bergizi agar tetap sehat.

BACA JUGA : Termakan Daging Kurban yang Terinfeksi PMK? Dokter Hewan: Tidak Masalah

Cegah anemia

Daging sapi dan kambing juga merupakan sumber zat besi, sehingga baik dikonsumsi orang yang menderita Anemia. Selain itu, aman dikonsumsi untuk wanita hamil yang menghadapi kekurangan zat besi, tetapi selalu konsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA : Waspada Daging Kurban Terinfeksi PMK, Dokter: Pilihlah Hewan Bersertifikat

Baik untuk kesehatan mental

Daging sapi dan kambing adalah sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, B 12, C, E, A, K, besi, kalsium, fosfor, Seng, tembaga, mangan, selenium, kalium dan natrium. Untuk orang yang menghadapi depresi, PMS, atau bahkan stres, makan daging kambing dapat membantu tetap bugar secara mental maupun fisik.

Meningkatkan kekebalan

Daging sapi dan kambing adalah sumber dari banyak mineral, vitamin dan protein, sehingga bisa menjaga kekebalan tubuh Anda. Jika kekebalan tubuh baik, maka lebih kecil kemungkinan terserang penyakit.

Namun, selalu ingat untuk tidak berlebihan mengonsumsi daging kambing dan sapi. Kelebihan apa pun bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, jika Anda seorang pasien jantung, sebaiknya hindari konsumsi daging kambing.

Cegah kanker

Pada daging kambing dan sapi terdapat asam linoleat terkonjugasi juga vitamin B dan selenium yang baik yang membantu mencegah sel kanker. Maka dari itu, Anda bisa menyantap daging kambing dan sapi, tetapi tetap dalam porsi secukupnya.

1
2