Share

Brad Pitt Dikabarkan Alami Prosopagnosia, Penyakit Apa Itu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 13:26 WIB
$detail['images_title']
Brad Pitt alami prosopagnosia Foto: Glamour)

AKTOR tampan Brad Pitt dikabarkan mengalami Prosopagnosia. Akibat kondisi yang dideritanya sang aktor kesulitan mengenali wajah orang-orang yang sudah ditemuinya.

Seperti dilansir dari New York Post, Prosopagnosia bisa terjadi kepada siapa saja. Ciri utamanya, orang tersebut tidak mengenali seseorang setelah bertemu dengan mereka.

 Brad Pitt

Brad Pitt mengklaim bahwa ketidakmampuannya untuk mengingat wajah memang karena prosopagnosia, atau kebutaan wajah. Bukan karena dia bersikap sombong atau arogan.

"Tak seorang pun percaya kepadaku," ujar Pitt.

Lalu apa itu penyakit Prosopagnosia?

Prosopagnosia disebut sebagai buta wajah. Kondisi ini membuat seseorang tidak bisa mengenali wajah seseorang.

Berdasarkan ilmu kedokteran, Prosopagnosia adalah gangguan otak yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mengenal wajah orang lain atau buta wajah. Hal ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah.

Seseorang dengan kebutaan wajah mungkin akan kesulitan untuk melihat perbedaan wajah orang lain. Data dari National Institutes of Health mengungkapkan gangguan otak ini diperkirakan telah mempengaruhi sekitar 2 persen pada otak manusia.

Institut Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke juga menjelaskan bahwa prosopagnosia dapat disebabkan karena kelainan, gangguan, atau kerusakan lipatan di otak yang disebut fusiform gyrus kanan.

 BACA JUGA:Harvey Weinstein, Penyebab Angelina Jolie Bertengkar Hebat dengan Brad Pitt

Area di otak ini memainkan peran penting dalam mengoordinasikan sistem saraf yang memengaruhi memori dan persepsi wajah.

Selain itu, prosopagnosia dapat disebabkan oleh stroke, cedera pada otak, atau beberapa penyakit neurodegeneratif.

Penting untuk dicatat bahwa kebutaan wajah tidak disebabkan oleh gangguan penglihatan, ketidakmampuan belajar, atau kehilangan memori.

Dalam beberapa kasus, beberapa orang juga terlahir dengan kebutaan wajah sebagai kelainan bawaan. Dalam kasus ini, tampaknya ada hubungan genetik, seperti yang terjadi dalam keluarga.

1
2