Share

6 Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Berlebihan, Jangan Kalap!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 15:00 WIB
$detail['images_title']
6 Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Berlebihan (Foto: Freepik)

6 BAHAYA makan daging kurban Idul Adha berlebihan penting untuk Anda ketahui. Hal ini agar Anda dapat membatasi konsumsi daging kurban saat Idul Adha.

Daging kambing dan sapi memang bakal melimpah saat perayaan Idul Adha. Kedua daging tersebut biasanya akan diolah menjadi berbagai masakan.

Meski lezat, jangan sampai terlalu berlebihan mengonsumsi daging kurban, baik itu sapi atau kambing. Berikut 6 bahaya makan daging kurban Idul Adha berlebihan yang dikutip dari Bustle, Kamis (7/7/2022).

6 Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Berlebihan

(6 Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Berlebihan, Foto: Freepik)

Dehidrasi

Sebuah penelitian dari University of Connecticut menemukan diet protein tinggi dapat membuat ginjal memproduksi lebih banyak urin pekat yang pada akhirnya menyebabkan dehidrasi. Hal ini dapat memengaruhi segalanya mulai dari tingkat energi, kulit, peningkatan hasrat makanan, dan bahkan kram otot.

BACA JUGA : Daging Kurban Jangan Langsung Dicuci, Simak Alasannya Bun!

Sakit kepala

Berlebihan makan daging kurban juga dapat menyebabkan sakit kepala. Ini merupakan efek dari terjadinya dehidrasi.

BACA JUGA : Termakan Daging Kurban yang Terinfeksi PMK? Dokter Hewan: Tidak Masalah

Kelelahan

Konsumsi daging berlebih dapat menyebabkan kelelahan karena tubuh tidak mencernanya dengan benar. Daging lebih sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan sehingga memerlukan lebih banyak energi.

Sembelit

Makan banyak daging dapat menyebabkan konstipasi karena tidak mengandung serat. Padahal serat dibutuhkan untuk memperlancar sistem pencernaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Masalah gut

Bakteri di usus memiliki efek mendalam pada kesehatan. Diet protein tinggi atau terlalu banyak makan daging dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang terkait dengan keragaman bakteri usus yang buruk.

Kolesterol

Daging banyak mengandung lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Sehingga, tubuh kita sulit untuk mengontrol kolesterol. Bila lonjakan kolesterol sangat tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung yang berbahaya.

1
2