Share

Waspadai 6 Penyakit Ini saat Cuaca Ekstrem, Tubuh Jangan Sampai Tumbang!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 11:42 WIB
$detail['images_title']
Waspada penyakit saat cuaca ekstrem (Foto: Boldsky)

CUACA ekstrem yang tidak menentu, seperti panas terik saat siang hari dan hujan lebat di sore hari membuat tubuh rentan terkena penyakit. Ada sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem melanda.

Penyakit-penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem ini menyerang saat daya tahan tubuh menurun. Ini dapat terjadi ketika tubuh terpapar oleh cuaca ekstrem.

Sebab, tubuh memerlukan adaptasi dengan perbedaan suhu tubuh yang signifikan ketika cuaca ekstrem terjadi. Berikut ini daftar penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem, seperti dirangkum pada Rabu (6/7/2022).

Batuk

Batuk

Penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem di urutan pertama adalah batuk. Cuaca yang panas terik, hujan, berangin, dan debu-debu dapat menyebabkan penyakit batuk.

Penyakit batuk ini bisa disebabkan dari bakteri maupun virus. Di samping itu, batuk sendiri merupakan mekanisme pertahan tubuh saat saluran pernapasan sedang berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau lendir di saluran napas.

Batuk pilek

Batuk pilek juga menjadi penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem. Sebab, virus penyebab batuk pilek ini berkembangbiak lebih cepat di musim atau cuaca ekstrem ini. Apalagi saat ini ada Covid-19 yang salah satu gejalanya agak mirip dengan batuk pilek.

BACA JUGA : Cuaca Ekstrem, Coba 6 Tips Ini agar Gak Mudah Sakit

Flu

Penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem berikutnya yakni flu. Ini menjadi penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Rhinovirus. Ketika kondisi cuaca tidak sedang menentu dan angin berembus kencang, virus akan mudah menyebar. Apalagi bila daya tahan tubuh sedang lemah.

BACA JUGA : Ahli Meteorologi Nilai Cuaca Ekstrem Tahun Ini Baru Dimulai

Sakit kepala

Naik turunnya suhu yang ekstrem ketika cuaca ekstrem dapat menyebabkan sakit kepala. Misalnya, bila cuaca begitu panas terik di siang hari dan Anda beraktivitas di luar rumah. Lalu, pada sore atau malam harinya cuaca kembali berubah dan turun hujan. Suhu terlalu dingin tersebut juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal inilah yang menghambat suplai darah menuju ke otak, yang membuat sakit kepala.

Demam berdarah

Demam berdarah juga masuk ke dalam daftar penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Sejumlah gejala demam berdarah yang perlu diwaspadai adalah sakit kepala, nyeri otot, tulang, sendi, mual, muntah, hingga adanya ruam. Segera ke dokter bila menemukan gejala tersebut.

ISPA

Penyakit yang perlu diwaspadai di urutan terakhir adalah (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). ISPA disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di saluran pernapasan. Penyakit ini dapat menyerang apabila daya tahan tubuh sedang lemah. Gejalanya meliputi tenggorokan gatal atau sakit, bersin, hidung tersumbat, dan batuk.

1
2