Share

Warning! Presiden Jokowi Prediksi Puncak Kasus Covid-19 Terjadi Lagi Pekan Depan

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 19:41 WIB
$detail['images_title']
Presiden Jokowi memberi peringatan (Foto: Setkab)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memprediksi puncak kasus positif Covid-19 akan terjadi pada pekan depan. Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat terbatas khusus membahas antisipasi lonjakan kasus Covid-19. Apalagi saat ini varian BA.4 dan BA.5 masih merebak.

"Kembali kita akan mengevaluasi kebijakan PPKM yang kita tahu kasus per 3 Juli kemarin ada sebanyak 1.614 kasus dan diprediksi puncak kasusnya akan berada di bulan Juli ini di minggu kedua, atau minggu ketiga," ujar Jokowi belum lama ini.

 Jokowi

Jokowi juga meminta kepada Kapolri dan Panglima TNI serta kementerian hingga lembaga terkait untuk mendorong pemberian vaksinasi booster.

"Vaksinasi booster nasional baru mencapai 24,5% saya kira ini terus kita dorong. Saya minta kapolri panglima TNI dan juga kementerian kesehatan dan BNPB untuk mendorong terus agar vaksinasi booster bisa dilakukan terutama di kota-kota yang memiliki interaksi antar masyatakatnya tinggi," katanya.

Selain itu, Jokowi juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu patuh dan taat dalam menjalani protokol kesehatan.

Sementara itu Ketua Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr. dr. Erni J. Nelwan, Ph.D, Sp.PD, KPTI, FACP, FINASIM mengatakan, menerapkan protokol kesehatan (prokes) dinilai masih ampuh guna mencegah varian BA.4 dan BA.5.

Penerapan prokes sendiri antara lain jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan lainnya.

Virus Covid-19 yang terdiri dari berbagai varian dan subvarian yang memiliki susunan protein yang berbeda, hingga gejala, tingkat keparahan, serta kecepatan penularannya. Namun hal terpenting adalah terus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terkena Covid-19, apalagi BA.4 dan BA.5 masih merebak.

1
2