Share

12 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 19:13 WIB
$detail['images_title']
12 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak (Foto: Timesofindia)

12 MAKANAN yang dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak penting untuk Anda ketahui. Apalagi, Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah gangguan tidur.

12 makanan ini akan meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Penting diketahui, kurang tidur atau gangguan tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut 12 makanan yang dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak dirangkum dari Timesofindia, Rabu (6/7/2022).

Cokelat

12 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

(12 Makanan yang dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak, Foto: Timesofindia)

Cokelat mengandung serotonin yang dapat membantu merilekskan tubuh dan memberikan tidur yang nyenyak. Tapi perhatikan untuk menyikat gigi agar tidak mengalami sakit gigi.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Dicoba Yuk!

Sereal

Masalah tidur biasanya berkaitan dengan stres, untuk menghilangkan hal itu mengkonsumsi semangkuk sereal sebelum tidur akan membuat tidur menjadi nyenyak karena kombinasi karbohidrat dan kalsium membuat tubuh merasa ngantuk.

BACA JUGA : 5 Tips Atasi Insomnia, dari Metode Militer hingga Meditasi

Biji – bijian utuh (whole grain)

Merupakan makanan super yang membantu membuat Anda tertidur lebih cepat, karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah sehingga membuat mengantuk dengan mudah.

Kiwi

12 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

(12 Makanan yang dapat Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak, Foto: Timesofindia)

Buah kiwi kaya akan vitamin C, vitamin E, folat dan serotonin yang membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Buah kiwi juga sangat efektif untuk orang yang menderita insomnia atau kesulitan tidur.

Tuna

Tuna merupakan sumber lemak dan protein sehat yang sangat baik. Vitamin B6 pada tuna membantu menghasilkan serotonin dan melatonin dalam tubuh yang dapat membuat Anda mudah mengantuk.

Kenari

Kenari mengandung tryptophan yang dapat menghasilkan serotonin dan melatonin dalam tubuh. kedua komponen ini berkontribusi pada tubuh sehingga membuat tidur nyenyak di malam hari. Anda dapat menambahkan kenari pada salad yang Anda makan.

Selada

Selada sering ditambahkan pada salad sayur yang memberikan rasa enak. Selada mengandung lactucarium yang memberikan rasa tenang yang sempurna sehingga membuat Anda tertidur lebih cepat. Buatlah salad ini di malam hari sebelum tidur.

Pistachio

Pistachio mengandung magnesium, protein dan vitamin B6 yang membantu dalam meningkatkan tidur yang nyenyak. Kacangan ini dapat ditambahkan sebagai makanan pencuci mulut.

Kale

Kale mengandung kalsium. Orang yang mengalami masalah tidur adalah mereka yang kekurangan kalsium.

Pisang dan almond

Setengah buah pisang dan segenggam kacang almond menghasilkan paduan kandungan nutrisi yang memiliki efek menenangkan dan membantu membuat Anda mengantuk. Jika tak ada pisang, Anda bisa menggantinya dengan buah ceri.

Susu rendah lemak

Jika produk susu rendah lemak dicampur dengan dengan gandum akan membantu Anda untuk tidur. Selain itu keju dan yogurt juga dapat mendorong Anda untuk beristirahat dengan baik.

1
2