Share

Rawat Kesehatan Usus, Begini 9 Cara Merawat Organ Pencernaan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 17:50 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Saluran Pencernaan. (Foto: Shutterstock)

USUS sehat menandakan kesejahteraan tubuh yang optimal. Nah, agar organ pencernaan terjaga dengan baik, Anda harus memerhatikan kebiasaan makan dan rutinitas harian.

Lantas, bagaimana cara merawat organ pencernaan yang benar menurut ahli? Dilansir MNC Portal dari laman Everyday Health, berikut ulasan selengkapnya:

Rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi

Menurut Maria Adams, ahli gizi di Endicott College di Beverly, Massachusetts, mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, biji dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kualitas organ pencernaan Anda.

"Konsumsi makanan tinggi serat membantu makanan terus diolah oleh tubuh, sehingga sembelit minim terjadi. Pola makanan ini juga mencegah Anda mengalami divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar (IBS)," kata Adams.

Usus

Batasi makanan tinggi lemak

Makanan tinggi serat direkomendasikan, sedangkan makanan tinggi lemak upayakan jangan banyak dikonsumsi, atau bahkan dihindari. Makanan jenis ini memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda rentan sembelit.

Pilih daging tanpa lemak

Sekalipun mau makan daging, usahakan konsumsi daging tanpa lemak. Contoh yang bisa dimakan daging ayam tanpa kulit. Ingat, batasi asupan daging merah dan cukupi kebutuhan asupan daging dengan konsumsi daging putih.

Tambahkan buah dan sayur ke menu harian, yogurt jika perlu

Yogurt merupakan contoh sederhana dari probiotik, sedangkan buah dan sayur adalah prebiotik. Jenis panganan tersebut penting untuk merawat organ pencernaan yang benar.

Makan sesuai jadwalnya

Tentukan jam makan Anda dan disiplinlah dengan waktu tersebut. Makan sesuai jadwal memastikan sistem pencernaan bekerja dengan baik dan dalam kondisi prima. Disarankan Adams untuk makan duduk, tidak berdiri.

Minum air putihnya jangan lupa

Organ pencernaan bukan hanya soal apa yang Anda makan, tapi Anda minum juga. Makin sedikit air yang masuk ke tubuh, organ pencernaan juga akan tetap berisiko alami masalah. Karena itu, tubuh tetap terhidrasi dan usahakan rajin minum air putih setiap harinya, ya.

Hindari merokok, minum kafein berlebih, dan alkohol

Organ pencernaan akan semakin optimal jika Anda menghindari merokok, minum kafein berlebih, dan alkohol. Itu semua dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan masalah seperti maag dan mulas yang tidak nyaman.

Olahraga teratur tidak boleh terlewatkan

Tetap aktif bergerak membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan, Sembelit pun menjadi lebih minim terjadi jika Anda rajin olahraga.

Kelola stres

"Terlalu banyak stres atau kecemasan dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi overdrive," kata Adams. Oleh karena itu, kelola stres dengan melakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia dan praktikkan jika stres mulai muncul.

1
2