Share

Mengenal Carpal Tunnel Syndrome, Kondisi yang Bisa Sebabkan Karier Atlet e-Sport Hancur

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 15:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Atlet e-Sport. (Foto: Shutterstock)

PERKEMBANGAN e-Sport di Indonesia memang sangat masif, apalagi Indonesia berhasil merebut banyak medali baik emas maupun silver. Tidak heran jika banyak anak-anak muda yang kemudian bermimpi menjadi atlet e-sport.

Tapi, layaknya atlet profesional di berbagai bidang, atlet e-sport pun bisa mengalami cedera loh. Biasanya, cedera yang dialami oleh para atlet e-sport adalah Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal.

Konsidi ini merupakan suatu kondisi neuropati yang menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan. Biasanya, sindrom ini menyerang bagian pergelangan dan jari-jari tangan.

Melansir KlikDokter, carpal tunnel syndrome yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada saraf. Biasanya diawali dengan gejala mati rasa yang terus-menerus, mengecilnya otot di pangkal ibu jari, dan kesulitan menggerakkan ibu jari

Main Game

Untuk menentukan diagnosis terhadap carpal tunnel syndrome (CTS), dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik pada tangan dan pergelangan. Selain itu dokter juga mungkinakan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gejala yang Anda alami lewat serangkaian wawancara medis.

Berikut ini beberapa tes yang bisa digunakan dalam menentukan diagnosis:

- Tes fisik

- Tes darah

- Elektromiografi

- Studi konduksi saraf

- Sinar X

- Carpal Tunnel Syndrome

Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita carpal tunnel syndrome (CTS) melibatkan sensasi kesemutan dan nyeri pada jari. Umumnya menyerang 3 jari bagian luar yakni kelingking, jari manis, jari tengah. Selain itu juga dapat timbul rasa panas dan terbakar dari ibu jari sampai jari tengah.

Terkadang penekanan saraf seluruhnya dapat menyebabkan seluruh pergelangan tangan merasa ksesemutan. Carpal tunnel syndrome seringkali terjadi karena penekanan saraf di pergelangan tangan akibat adanya pembengkakan.

Untuk mengatasi carpal tunnel syndrome (CTS), tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tangan yang terkena (Immobilisasi). Selanjutnya Anda bisa menggunakan splint (alat bantu yang sering dipasang pada tangan penderita CTS).

Obat penghilang rasa sakit juga dapat diberikan apabila rasa nyeri sangat mengganggu. Cara lainnya adalah dengan memberikan suntikan anestesi (bius) lokal.

1
2