Share

Awas! Buah-buahan Ini Bisa Jadi Penyebab Asam Urat Tinggi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 10:27 WIB
$detail['images_title']
Konsumsi apel berlebihan bisa picu asam urat (Foto: Boldsky)

GOUT atau disebut asam urat, merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami orang di Indonesia. Asam urat ini biasanya memengaruhi persendian pada kaki, terutama area jempol kaki dan terasa sangat menyakitkan.

Asam urat biasanya tidak memberikan gejala-gejala dan kerap muncul secara tiba-tiba. Asam urat terjadi disebabkan karena makanan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia yang terurai dalam tubuh.

asam urat

Bahan tersebut membentuk sesuatu yang disebut dengan asam urat. Ketika tubuh membangun kelebihan kadar asam urat dalam darah, maka akan menghasilkan bentuk radang sendi yang dikenal dengan asam urat.

Merangkum dari Everyday Health, kandungan fruktosa yang memberikan rasa manis pada buah dan sayuran disebut dapat memicu asam urat pada tubuh. Para peneliti melaporkan makanan tinggi fruktosa bisa membuat asam urat dapat menciptakan nyeri kronis.

BACA JUGA : Suka Makan Emping Melinjo, Ini 3 Cara Agar Lolos dari Asam Urat

BACA JUGA : Berapa Banyak Konsumsi Emping Melinjo Jika Tak Mau Kena Asam Urat?

Apel

Beberapa buah-buahan yang diduga dapat memicu terjadinya asam urat, di antaranya: apel, persik, pir, plum, anggur, plum kering, dan kurma. Namun perlu diingat, seseorang masih bisa mengonsumsi buah-buahan ini asal bisa membatasinya dalam jumlah sedang.

Seseorang bisa membatasi asupan buah-buah tersebut sekira 300 gram per hari. Lebih penting lagi, hindari soda atau minuman ringan dan jus yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi air atau jus buah asli.

(hel)