Share

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan yang Tak Terduga, Bukan Cuma Bakar Lemak Tubuh!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 09:14 WIB
$detail['images_title']
Bersepeda banyak manfaat untuk kesehatan (Foto: Boldsky)

BERSEPEDA menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Bahkan sudah banyak gelaran ajang sepeda virtual santai dan menyehatkan.

Olahraga sepeda tak cuma bisa membakar kalori, namun juga bikin hati senang. Berikut deretan manfaat bersepeda yang bisa Anda simak, dilansir dari Bestcare.

1. Membuat jantung sehat

Bersepeda

Berolahraga sepeda adalah aktivitas yang membuat jantung berdetak lebih cepat, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan detak jantung istirahat Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat kardiovaskular yang sama dari bersepeda seperti yang didapatkan dari berjalan, berlari, atau senam.

BACA JUGA : Manfaat Bersepeda, Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

2. Menguatkan pikiran dan jiwa

Bersepeda mengurangi stres dan depresi. Enzim endorfin akan dihasilkan saat berolahraga dan ini akan membuat kepercayaan diri meningkat. Keluar di alam dan merasakan udara yang segar serta angin sepoi-sepoi di wajah sangat baik untuk jiwa. Anda dapat menikmati alam bebas saat mengayuh, menghargai keindahan matahari terbit, terbenam, serta pemandangan dari dekat ke satwa liar, bunga, dan tumbuhan.

BACA JUGA : 6 Posisi Ideal Bersepeda, Cegah Tubuh Mudah Lelah dan Pegal-Pegal

3. Tingkatkan aktivitas sosial

Anak-anak dapat belajar cara bersepeda ketika mereka masih kecil dan itu adalah keterampilan hidup yang akan mereka miliki selamanya. Kakek-nenek juga bisa bersepeda, dan ini adalah aktivitas keluarga yang bisa dinikmati bersama. Bersepeda adalah kegiatan yang memungkinkan Anda bertemu orang lain dengan minat yang sama dan dapat meningkatkan jejaring sosial Anda. Ini adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dinikmati dan tidak tampak seperti olahraga.

4. Membakar lemak tubuh dan memiliki fisik yang lebih atletis

Otot bisa dibangun dari bersepeda, terutama paha depan. Anda juga membangun dan mengencangkan otot bokong, paha belakang, dan betis. Bersepeda akan memberikan latihan tubuh secara menyeluruh tanpa disadari. Bahu, lengan, dan otot inti diaktifkan saat Anda menyeimbangkan sepeda. Makin banyak otot yang dimiliki, makin tinggi laju metabolisme tubuh dan banyak kalori yang akan dibakar. Seorang pengendara sepeda yang bergerak dengan kecepatan 10 mph membakar 260 kalori per jam.

5. Menurunkan risiko kanker

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda atau berlari, berolahraga teratur dan makan banyak sayuran hijau, protein tanpa lemak, serta biji-bijian akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Fakta mengemukakan penurunan berat badan (dari berlebih/obesitas menjadi normal) akan menurunkan juga risiko kanker.

Dalam waktu dekat, ajang PRURide Indonesia 2022 akan digelar hybrid pada 29 Oktober 2022 di Bandung secara langsung dan secara virtual selama 29 Oktober-6 November 2022 yang bisa diikuti banyak orang dari berbagai daerah.

Perwakilan Prudential Indonesia Luskito Hambali mengatakan, masyarakat Indonesia perlu bersemangat dalam melakukan gaya hidup sehat. Di samping itu selepas pandemi ini, masyarakat butuh wadah untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga.

"Lewat ajang ini seluruh keluarga Indonesia dapat berkumpul, merayakan kebersamaan sembari menjalankan gaya hidup sehat," ujarnya dalam keterangan resmi.

Ada banyak kategori yang bisa Anda ikuti mulai dari kategori Gran Fondo (135km) atau Medio Fondo (70km), fun ride, serta virtual ride yang mendukung kebiasaan gaya hidup aktif dan sehat.

1
2