Share

Novavax Targetkan Vaksin Khusus Varian BA.4 dan BA.5. Siap Pada Kuartal Keempat 2022

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 22:45 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Novavax (Foto: Reuters)

NOVAVAX Inc, salah satu produsen vaksin Covid-19 juga tengah berlomba mengembangkan vaksin yang bisa menargetkan khusus melawan varian Omicron, selain Moderna dan Pfizer. 

Terkait vaksin Covid-19 yang lebih spesifik ini, Novavax menyebutkan, mereka sendiri menargetkan vaksin ini sudah bisa tersedia pada kuartal keempat, sehubungan dengan proses pengembangan yang dipercepat karena untuk melindungivarian baru dari Omicron, subvarian BA.4 dan BA.5.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sendiri, sebelumnya sudah mengungkapkan permintaan mereka kepada para produsen vaksin Covid-19 mengubah desain vaksin untuk booster.

Perubahan desain tersebut, ialah dengan memasukkan komponen yang dirancang khusus, diformulasikan untuk bisa memerangi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) subvarian BA.4 dan BA.5 sekarang, diperkirakan jadi dalang yang menyumbang lebih dari 50 persen kasus infeksi di Amerika.

Novavax sendiri mengharapkan data praklinis tambahan untuk vaksin yang disesuaikan dengan subvarian Omicron ini, bisa siap di akhir musim panas atau musim gugur tahun ini.

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 dari Novavax yang berdasarkan jenis virus sebelumnya, diketahui belum disahkan di Amerika Serikat. Saat ini masing tengah ditinjau oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

(rpa)