Share

Sering Mual saat Haid, Coba Atasi dengan 4 Tips Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 16:23 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Siklus PMS. (Foto: Shutterstock)

MUAL saat haid memang cenderung normal bila tidak disertai dengan gejala lainnya. Terlebih lagi, kondisi ini akan aman ketika Anda tidak punya masalah kesehatan lainnya.

Menurut dr. Dyah Novita dari KlikDokter, mual yang berlanjut hingga menstruasi selesai mungkin membutuhkan pengobatan dari dokter. Ini juga termasuk ketika Anda muntah-muntah hingga sulit makan sampai merasa lemas.

Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter bila mual saat menstruasi disertai dengan gejala di bawah ini.

- Nyeri haid selama lebih dari tiga hari

- Kram perut bagian bawah atau panggul

- Mual atau muntah terus menerus

- Demam

- Keputihan yang tidak normal

Untungnya, ada deretan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi mual saat menstruasi. Namun, perlu diingat bahwa beberapa tips ini akan efektif ketika Anda sudah mengetahui apa penyebab dari rasa mual tadi.

PMS

1. Konsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid

Cara mengatasi mual saat haid yang paling banyak dipakai adalah mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat-obatan ini bertujuan mengurangi prostaglandin yang nantinya membantu meredakan kram dan mual.

Kabar baiknya, obat NSAID bisa dibeli tanpa resep, seperti:

- Ibuprofen

- Naproxen

- Aspirin

2. Minum obat anti-mual

Jika obat NSAID tidak berhasil, Anda bisa mengonsumsi obat antimual. Obat-obatan yang juga dikenal dengan nama antiemetik ini meliputi bismut subsalisat dan antihistamin.

Bismut subsalisilat bekerja dengan melindungi lapisan perut. Sementara itu, antihistamin bisa menumpulkan kemampuan telinga bagian dalam untuk merasakan getaran. Ini bertujuan memblokir pesan ke bagian otak yang mengontrol mual dan mutah. Jika rasa mualnya lebih parah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat antimual yang lebih kuat.

3. Pakai kontrasepsi oral

Kontrasepsi oral seperti pil KB ternyata bisa jadi alternatif cara mengatasi mual saat haid. Pasalnya, obat untuk mencegah kehamilan ini berfungsi mengendalikan perubahan hormon selama siklus haid. Ini juga bisa membantu meredakan gejala emosional dan fisik, seperti mual.

Bahkan, pil KB biasa digunakan untuk mengatasi siklus menstruasi yang menyakitkan, endometriosis, hingga PMS.

4. Coba pengobatan rumahan

Guna mendukung obat-obatan untuk meredakan mual saat haid, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan. Berikut ini beberapa cara alami mengatasi mual saat menstruasi.

- Minum teh jahe untuk mengatur prostaglandin di tubuh

- Makan permen peppermint yang bisa mengurang prostaglandin

- Konsumsi kapsul atau teh adas yang bisa meredakan rasa sakit dan mual saat haid

- Manfaatkan kayu manis untuk menekan prostaglandin berkat kandungan eugenolnya

- Coba makanan hambar, seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang

- Melatih pernapasan untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual

Bila cara mengatasi rasa mual saat menstruasi di atas tidak berhasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

1
2