Share

Waspada Kelebihan Vitamin A saat Hamil, Bisa Sebabkan Cacat Lahir!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 15:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

VITAMIN A memang sangat diperlukan untuk ibu hamil untuk kesehatan janin. Tapi, konsumsi vitamin A pun juga harus sesuai dan tidak boleh terlalu banyak.

Vitamin A adalah vitamin yang larut di dalam lemak dan disimpan di hati. Konsumsi vitamin A diukur dengan standar retinol activity equivalents (RAE). Satu mcg (mikrogram) retinol (preformed vitamin A) sama dengan 1 mikrogram RAE.

Ada dua bentuk vitamin A, yakni preformed vitamin A dan provitamin A karotenoid. Preformed vitamin A (juga disebut retinol) digunakan langsung oleh tubuh dan ditemukan di dalam produk hewani seperti telur, susu, dan hati.

Sementara, karotenoid provitamin A (seperti beta karoten) ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran. Tubuh mengubah jenis ini menjadi retinol. Dilansir KlikDokter dari BabyCenter, berikut dosis vitamin A untuk ibu hamil:

Ibu Hamil

- Wanita hamil berusia 18 tahun ke bawah: 750 mikrogram (mcg) RAE per hari

- Wanita hamil usia 19 tahun ke atas: 770 mcg RAE per hari

Dokter Arina Heidyana menjelaskan, kebutuhan vitamin A untuk ibu hamil perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui dosis yang tepat. Konsumsi suplemen vitamin A (bila perlu) juga harus atas rekomendasi dokter.

Ibu hamil yang mendapatkan cukup vitamin A dari makanan biasanya tidak mengalami kekurangan vitamin A. Namun, beberapa kondisi saat kehamilan mungkin dapat menyebabkannya.

Tanda-tanda kekurangan vitamin A pada ibu hamil antara lain:

- Sistem kekebalan melemah

- Gangguan penglihatan malam dan dalam cahaya redup (xerophthalmia)

Kemudian, kadar vitamin A yang rendah juga dapat memengaruhi fungsi kekebalan bayi setelah lahir. Kondisi ini dapat membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Tapi selama kehamilan, hindari terlalu banyak konsumsi vitamin A. Bahaya vitamin A untuk ibu hamil bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan cacat lahir dan keracunan pada organ hati.

Penggunaan skincare mengandung vitamin A dan turunannya juga mesti diperhatikan. Diskusikan dengan dokter mengenai hal ini, ya. Bila ibu hamil ingin makan hati, ikuti porsi yang sudah dianjurkan dokter. Pasalnya, hati termasuk makanan tinggi vitamin A.

Bunda, penuhi asupan vitamin A harian dengan bijak, ya. Jangan ragu konsultasi dokter bila bingung mengenai kebutuhan dan dosisnya.

1
2