Share

Jangan Sampai Kurang, Kenali 4 Manfaat Vitamin A untuk Ibu Hamil

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 12:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

VITAMIN A memang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi selain untuk mata, vitamin A juga sangat diperlukan oleh ibu hamil loh.

Pasalnya, mikronutrien ini memainkan peran penting untuk kesehatan janin. Tapi, meski bermanfaat, ibu hamil perlu berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin A. Tapi, terlalu banyak vitamin A untuk ibu hamil dan bayi juga bisa menyebabkan bahaya yang mengintai.

Vitamin A adalah vitamin yang larut di dalam lemak dan disimpan di hati. Ini dia beberapa manfaat vitamin A untuk ibu hamil dan janin, seperti dilansir dari KlikDokter:

Ibu Hamil

Mendukung Pertumbuhan Organ Janin

Fungsi vitamin A sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Pasalnya vitamin A juga penting untuk kekebalan tubuh dan produksi sel kulit bayi.

“Saat hamil, tentunya vitamin A menunjang pertumbuhan janin, misalnya perkembangan paru-paru, jantung, ginjal, tulang, dan mata, serta pernapasan, sistem peredaran darah, dan saraf pusat,” kata Dokter Arina Heidyana.

Membantu Perkembangan Kantung Udara di Paru-Paru Bayi

Manfaat vitamin A untuk bayi dapat membantu perkembangan kantung udara kecil di paru-parunya. Perkembangan kantung kecil di paru tersebut sangat penting. Sebab, kantung-kantung ini memudahkan oksigen untuk mengalir di dalam darah dan membuat karbon dioksida dikeluarkan.

Menunjang Imun Tubuh Ibu Hamil

Tidak hanya bagi janin, vitamin A juga memiliki peran yang penting untuk kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan fungsi vitamin A yang dapat mendukung imunitas tubuh bumil.

Memperbaiki Jaringan Ibu Setelah Melahirkan

Khasiat vitamin A untuk ibu hamil juga dapat membantu perbaikan jaringan pascapersalinan. Selain itu, vitamin ini juga menjaga penglihatan tetap normal, melawan infeksi, dan membantu metabolisme lemak.

1
2