Share

4 Cara Turunkan Risiko Terkena Stroke, Ubah Gaya Hidup Jadi Kunci!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 10:34 WIB
$detail['images_title']
Mati rasa di bagian tangan salah satu gejala stroke (Foto: Freepik)

BOB Tutupoly dikabarkan sempat mengalami stroke ringan, sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (5/7/2022) dini hari.

Serangan stroke merupakan ketika pembuluh darah di otak pecah dan berdarah, atau bisa juga saat terjadinya penyumbatan suplai darah ke otak. Pecahnya atau penyumbatan ini mencegah darah dan oksigen bisa mencapai jaringan otak.

Jika tidak ada asupan oksigen inilah yang sangat berbahaya, sel dan jaringan otak menjadi rusak dan mulai mati hanya dalam hitungan waktu beberapa menit saja.

Perubahan gaya hidup semerta-merta tidak bisa mencegah stroke jadi hilang sama sekali. Namun, perubahan gaya hidup jadi lebih sehat bisa menurunkan risiko seseorang terkena stroke. Apa saja perubahan gaya hidup yang bisa kita lakukan untuk turunkan risiko terkena stroke? Mengutip Healthline, Selasa (5/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr Payal Kohli MD FACC, mari simak paparannya di bawah ini.

1. Stop merokok: Anda termasuk perokok? Sebaiknya berhenti sekarang, karena tidak merokok akan bisa menurunkan risiko terserang stroke loh!

2. Batasi konsumsi alkohol: Terlalu banyak mengonsumsi alkohol, bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya memicu meningkatkan risiko stroke.

3. Pertahankan berat badan yang pas: Kegemukan dan obesitas meningkatkan risiko stroke loh! Coba kelola berat badan dengan makan makanan yang seimbang, membuat fisik aktif bergerak, dan rutin olahraga. Kedua langkah sederhana ini bisa bantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

4. Periksa rutin: Jangan ke dokter hanya karena sudah sakit, tapi biasakan lakukan pemeriksaan rutin. Konsultasikan dengan dokter tentang seberapa sering sih kita harus memeriksakan tekanan darah, kolesterol, dan kondisi kesehatan lainnya. Biasanya dokter juga bisa memberikan panduan tepat untuk pola gaya hidup yang lebih sehat.

1
2