Share

Mengenal 3 Jenis Utama Stroke, Kondisi yang Sempat Dialami Bob Tutupoly Sebelum Meninggal

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 09:08 WIB
$detail['images_title']
Bob Tutupoly (Foto: Dok. Okezone)

BOB Tutupoly meninggal dunia pada Selasa dini hari tadi. Sebelumnya, dikabarkan seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan pria kelahiran Surabaya, 13 November 1939 ini memang sudah mulai menurun. Bob dikabarkan mengalami stroke ringan.

Kondisi yang disebut stroke adalah ketika pembuluh darah di otak pecah dan berdarah, atau ketika ada penyumbatan suplai darah ke otak. Pecahnya atau penyumbatan ini mencegah darah dan oksigen bisa mencapai jaringan otak.

Sementara, jika tidak ada asupan oksigen, sel dan jaringan otak menjadi rusak dan mulai mati hanya dalam hitungan waktu beberapa menit saja. Mengutip Healthline, Selasa (5/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr Payal Kohli MD FACC, disebutkan yang nmanya stroke terbagi dalam tiga jenis utama.

 BACA JUGA:Sebelum Meninggal Bob Tutupoly Alami Stroke, Apa Gejalanya?

BACA JUGA:Bob Tutupoly Dikabarkan Alami Stroke Sebelum Meninggal Dunia, Kenali Penyebabnya

Pertama ada Transient ischemic attack (TIA), yakni serangan iskemik transien yang melibatkan bekuan darah, tapi biasanya bekuan darah ini bisa berbalik dengan sendirinya.

Kedua ada stroke iskemik, penyumbatan yang disebabkan oleh gumpalan atau plak di arteri. Gejala dan komplikasi stroke iskemik ini bisa terjadi lebih lama daripada TIA, atau bahkan bisa jadi permanen.

Terakhir ada stroke hemoragik yang disebabkan oleh pecah atau bocornya pembuluh darah yang merembes ke otak.

Gejala stroke, diketahui bisa meliputi adanya kelumpuhan, mati rasa atau lengan, wajah, dan kaki terasa lemah, terutama di satu sisi tubuh, sulit bicara, bicara jadi cadel, kebingungan, disorientasi, atau pasien jadi kurang responsif.

1
2