Share

6 Cara Alami Turunkan Darah Tinggi untuk Ibu Hamil, Aman Tanpa Obat Kimia!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 23:00 WIB
$detail['images_title']
Cara alami turunkan darah tinggi saat hamil (Foto: Boldsky)

IBU Hamil menghadapi berbagai risiko kesehatan selama mengandung, salah satunya hipertensi atau darah tinggi. Cara mengontrol darah tinggi bisa menjadi masalah tersendiri jika harus minum obat kimia.

Ya, memilih mengatasi darah tinggi saat kehamilan dengan obat alami bisa jadi keputusan yang bijak mengingat obat-obatan yang tersedia mengandung bahan kimia yang mungkin tidak begitu baik untuk janin dalam kandungan.

Beberapa pengobatan alami termasuk Ayurveda atau Homeopati dapat menjadi metode pengobatan alternatif yang dapat menurunkan darah tinggi saat hamil. Nah, di bawah ini MNC Portal coba menyaikan 10 obat alami untuk menurunkan darah tinggi pada bumil. Dilansir dari laman Parenting Firstcry, berikut ulasan selengkapnya:

1. Olahraga

Ibu Hamil

Salah satu cara yang efektif mengelola darah tinggi di rumah adalah dengan berolahraga. Tentu saja pilih gerakan yang nyaman dan telah direkomendasikan dokter kandungan Anda. Waktu yang diperlukan cukup 30 menit saja, ya.

"Olahraga itu membantu imunitas tubuh menjadi lebih prima. Selain itu, olahraga juga melemaskan otot, mengencangkan tubuh, dan mengatur aliran darah yang mana itu sema baik dalam upaya menurunkan darah tinggi," terang laporan tersebut.

BACA JUGA : Turunkan Darah Tinggi secara Alami, Ini 8 Rempah-Rempah yang Diakui Dokter

2. Kontrol asupan natrium

Langkah lain yang bisa dicoba untuk menurunkan darah tinggi saat hamil adalah membatasi atau menghilangkan garam dari makanan Anda. Saat hamil, hormon sangat tidak seimbag dan itu merusak sistem kekebalan tubuh, pun menurunkan efisiensi fungi alami tubuh.

"Jika garam tidak dicerna dengan baik di tubuh, itu bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah," terang laporannya.

BACA JUGA : Turunkan Darah Tinggi dengan Peterseli dan Bawang putih

3. Makan pisang

Cara alami menurunkan darah tinggi lainnya adalah makan pisang. Pisang kaya akan potasium dan bisa menekan darah tinggi yang dapat mengganggu keseimbangan kesehatan bumil.

4. Larutan cuka sari apel

Menambahkan cuka sari apel ke minuman atau makanan Anda bisa jadi solusi lain menurunkan darah tinggi. Hati-hati, mengonsumsi cuka sari apel yang tidak diencerkan bisa membayar kerongkongan atau saluran makan Anda dan berbahaya juga pada janin. Saran penyajiannya adalah tambahkan cuka sari apel ke air hangat yang ditambahkan madu.

5. Perbanyak konsumsi makanan berkadar magnesium tinggi

Banyak profesor merekomendasikan agar wanita hamil harus makan makanan kaya magnesium, seperti tahu, alpukat, pisang, almond, dan susu kedelai. Magnesium tak hanya membantu menjaga tekanan darah tetap terjaga, tapi juga memainkan peran yang besar dalam menjaga integritas rahim selama kehamilan dengan mencegahnya berkontraksi sebelum waktunya.

6. Hilangkan stres dengan aktivitas yang Anda sukai

Stres memperparah darah tinggi. Karena itu, sangat disarankan bagi bumil untuk melakukan aktivitas yang dapat menurunkan kadar stres, seperti mendengarkan lagu yang menenangkan, menonton film atau series yang membuat bumil bahagia, atau berlatih yoga prenatal.

1
2