Share

3 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Penderita Kanker Prostat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 21:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi pasien kanker prostat (Foto: Timesofindia)

BIASANYA risiko pria terkena kanker prostat semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Tapi, kanker prostat saat ini sudah banyak dialami pria di usia yang lebih muda. 

Gaya hidup memainkan peran cukup penting dalam meningkatkan risiko kanker prostat. Itu kenapa pola makan menjadi salah satu hal yang harus mulai diperhatikan.

Di bawah ini ada beberapa makanan yang dapat mempercepat proses terbentuknya sel kanker prostat. Makanan ini pun menjadi pantangan bagi pasien kanker prostat. Dikutip dari laman Prostate Cancer UK, berikut ulasannya:

1. Makanan produk susu tinggi kalsium

Susu

Makanan produk susu tinggi kalsium terbukti baik untuk kesehatan tulang, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak kalsium dapat meningkatkan risiko kanker prostat tumbuh dan menyebar. Tapi, penelitian lain tidak menemukan hubungan antara produk makanan susu tinggi kalsium dengan risiko kanker prostat.

"Untuk amannya, ada baiknya pria mengurangi konsumsi kalsium, misalnya jangan minum susu 1,6 liter dalam sehari," terang laporan tersebut.

BACA JUGA : 5 Cara Menjaga Kesehatan Prostat Pria, Ubah Gaya Hidup Kuncinya!

BACA JUGA : Sering Pipis di Malam Hari? Dokter: Curigai Penyakit Kanker Prostat

2. Daging

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makan daging merah terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif dan stadium lanjut. Sementara itu, penelitian lain belum menemukan efek apapun.

"Penelitian lain menunjukkan bahwa diet rendah daging tetapi tinggi buah dan sayuran dapat membantu memperlambat pertumbuhan kanker prostat," tulis laporan itu.

Peneliti menyarankan agar tidak mengonsumsi daging merah, termasuk daging sapi, domba, atau babi, lebih dari 500gram yang dimasak per seminggu. Itu pun termasuk daging olahan, bahkan produk daging ini tidak disarankan rutin dikonsumsi.

Studi lain memaparkan bahwa daging dalam jumlah besar yang telah dimasak pada suhu sangat tinggi atau dimasak sangat matang, seperti dipanggang, dapat meningkatkan risiko kanker stadium lanjut. Ini karena karsinogen dari proses pembakaran makanan dapat merusak sel.

3. Lemak

Lemak

Peneliti menyarankan agar Anda mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak. Itu karena berisiko membuat tubuh menggemuk, termasuk berisiko kanker prostat progresif atau stadium lanjut.

"Mengganti lemak hewani dengan lemak nabati adalah pilihan yang tepat untuk hidup lebih baik. Penelitian lain pun menunjukkan bahwa lemak jenuh kadar tinggi dapat meningkatkan risiko kanker prostat pasca operasi atau mengembangkan kanker prostat stadium lanjut," tulis laporan tersebut.

1
2