Share

5 Penyebab Mual saat Haid, Hati-Hati Bisa Jadi Tanda Bahaya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 11:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi PMS. (Foto: Shutterstock)

KETIKA siklus menstruasi atau haid, seorang perempuan memang akan mengalami berbagai perubahan mood dan kondisi tubuh. Salah satu yang sering dialami menjelang siklus menstruasi adalah kram perut dan sakit pinggang.

Tapi, ada beberapa orang yang ternyata juga mengalami mual saat haid. Kondisi ini tentu tidak menyenangkan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa saja penyebab mual saat menstruasi serta cara mengatasinya.

Umumnya, rasa mual saat menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama siklus berlangsung. Perubahan ini tergolong normal dan tidak perlu dicemaskan. Mual saat haid memang cenderung normal bila tidak disertai dengan gejala lainnya. Terlebih lagi, kondisi ini akan aman ketika Anda tidak punya masalah kesehatan lainnya.

Menurut dr. Dyah Novita dari KlikDokter, mual yang berlanjut hingga menstruasi selesai mungkin membutuhkan pengobatan dari dokter. Ini juga termasuk ketika Anda muntah-muntah hingga sulit makan sampai merasa lemas.

Jika mual disertai dengan demam atau gejala yang mengganggu lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebelum itu Anda bisa mencari tahu mengapa kepala bisa pusing dan perut terasa mual saat haid di bawah ini.

PMS

Dismenore (nyeri haid)

Salah satu penyebab mual saat haid adalah dismenore. Kondisi yang juga dikenal sebagai nyeri haid ini diakibatkan oleh peningkatan kontraksi pada uterus. Hal ini terjadi ketika lapisan rahim menghasilkan prostaglandin dalam jumlah besar, yaitu hormon pengontrol kontraksi rahim. Sementara itu, prostaglandin bisa masuk ke aliran darah. Akibatnya, Anda bisa merasakan gejala seperti mual, muntah, hingga sakit kepala ketika menstruasi.


Sindrom pramenstruasi (PMS)

Selain dismenore, sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS bisa menjadi penyebab mual saat menstruasi. PMS biasanya menimbulkan gejala fisik dan emosional yang terjadi 1 hingga 2 minggu sebelum haid tiba.

Gejala dapat berlanjut ketika menstruasi dimulai. Namun, ada kalanya masalah kesehatan tersebut hilang setelah beberapa hari. Kondisi ini mungkin terjadi akibat perubahan hormon saat siklus menstruasi yang bisa melibatkan nyeri haid. Akibatnya, gejala mual pun terjadi.


Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) adalah jenis PMS yang lebih parah. Artinya, gejala kondisi ini mirip dengan tingkatan yang lebih serius hingga mengganggu aktivitas harian Anda.

Mirip PMS, PMDD terjadi karena perubahan hormon selama siklus menstruasi. Namun, perubahan hormon pada PMDD bisa memicu penurunan kadar serotonin. Ini bisa menyebabkan perubahan emosional yang tidak menentu. Mengingat gejalanya mirip dengan PMS, PMDD bisa memicu rasa mual saat haid pada beberapa wanita.

Endometriosis

Masalah kesehatan lainnya yang bisa jadi penyebab mual saat menstruasi yaitu endometriosis. Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan jaringan yang mirip dengan lapisan rahim di tempat lain di tubuh. Jaringan yang disebut endometrium ini bisa berubah sepanjang bulan. Bahkan, endometrium terkadang memicu peradangan ketika wanita memasuki siklus haid.

Menurut Endometriosis Foundation of America, sekitar 200 juta wanita di seluruh dunia menderita penyakit ini. Jadi, ada kemungkinan beberapa dari mereka mengalami rasa mual saat haid akibat endometriosis.

Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan infeksi pada saluran reproduksi bagian atas. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi menular seksual pada vagina yang menyebar ke rahim, ovarium, atau saluran tuba. Penyakit menular seksual yang bisa memicu masalah ini antara lain klamidia dan gonore. Pada kasus yang lebih jarang, bakteri bisa masuk ke organ reproduksi setelah melahirkan atau douching.

Umumnya, penyakit radang panggul tidak disertai dengan gejala. Namun, gejala yang mungkin timbul adalah sakit perut bagian bawah, nyeri panggul, hingga rasa sakit saat buang air kecil. Sementara itu, mual akibat penyakit radang panggul bisa jadi pertanda infeksi sudah parah.

1
2