Share

Ayah Ayu Ting Ting Menderita Hernia, Kenali 5 Jenis Penyakit Tersebut

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 05:07 WIB
$detail['images_title']
Ayah Rojak sakit (Foto: Youtube)

AYU Ting Ting mengabarkan kondisi terkini ayahnya Abdul Rojak yang dirawat di rumah sakit. Rupanya ayah Ayu Ting Ting yang akrab disapa Ayah Rojak sakit hernia.

Ia juga baru saja melakukan operasi hernia agar cepat sembuh.

"Ayah kemarin itu operasi hernia," ujar Ayu dikutip dari Youtube Qiss You TV.

Ayah rojak 

Semoga Ayah Rojak cepat sembuh ya. Nah, penyakit Hernia itu terjadi ketika isi rongga tubuh menonjol keluar dari bagian usus atau jaringan perut atau lemak, dikelilingi oleh membran tipis yang secara alami garis bagian dalam.

Dilansir Boldsky, istilah Hernia digunakan untuk menggambarkan hernia dari tubuh bagian bawah. Biasanya hernia terjadi di perut.

Gejala Hernia antara lain, rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah yang terkena, kelemahan, atau perasaan berat di perut, sensasi terbakar atau sakit di daerah tersebut. Gejala lainnya adalah nyeri dada, kesulitan menelan, dan refluks asam.

Hernia juga memiliki berbagai macam jenis. Setiap jenis memiliki keunikan tersendiri.

Melansir dari Boldsky, Okezone mencatat ada beberapa jenis Hernia. Apa saja?

1. Inguinal hernia

Ini adalah jenis hernia yang paling umum yang membentuk sekitar 70 persen dari semua hernia, menurut Pusat Hernia Inggris. Hernia inguinal terjadi ketika usus mendorong melalui titik lemah atau merobek dinding bawah perut.

Hernia jenis ini sering terjadi pada selangkangan Anda. Ini adalah tempat di mana tali spermatika lewat dari perut ke skrotum yang menahan testis.

2. Insisional hernia

Setelah Anda melakukan operasi perut, usus mungkin mendorong melalui bekas luka sayatan atau jaringan yang melemah, yang mengarah ke hernia insisional.

 BACA JUGA:Ayah Ayu Ting Ting Menderita Hernia, Apa Saja Gejalanya?

3. Hiatal hernia

Esophagus berpindah dari dada ke perut melalui lubang yang disebut hiatus. Ketika bagian perut Anda menonjol keluar melalui hiatus, itu disebut hernia hiatus. Hernia ini biasa terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

4. Hernia Femoralis

Ini terjadi ketika jaringan usus mendorong melalui dinding saluran femoralis. Hernia femoralis paling sering terjadi pada wanita hamil dan obesitas.

5. Hernia umbilikalis

Ini terjadi ketika sebagian usus kecil mendorong melalui otot perut. Seseorang dapat melihat tonjolan di pusar. Bagi orang yang mengalami hernia, maka akan menyebabkan ketegangan di otot yang lemah atau jaringan ikat serta kelemahan pada otot yang disebabkan oleh gangguan dalam siklus alami tubuh dari kerusakan dan perbaikan jaringan.

1
2