Share

Podcast Aksi Nyata: Intip Cara Diet yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 17:33 WIB
$detail['images_title']
Dr. Ferry di Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: Youtube Partai Perindo)

BANYAK orang ingin menurunkan berat badannya, agar mencapai berat ideal dan bentuk tubuh yang diinginkan.

Tidak bisa ditampik, kebanyakan orang awam sayangnya tidak paham betul bagaimana caranya berdiet yang sehat dan benar. Bukan diet super ekstrim yang bahkan malah bisa mengancam kesehatan tubuh secara general.

Saat memutuskan untuk berdiet, seperti disampaikan Dr. Ferry C Wirawan, General Practitioner/ Master of Science Human Nutrion, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui tipe diet seperti apa dulu yang cocok dengan kondisi tubuh.

Dokter Ferry mengatakan, tidak ada satu diet yang cocok untuk diterapkan merata kepada semua orang.

“Setiap orang punya diet yang berbeda-beda. Jadi mungkin satu diet itu cocok untuk satu orang, satu diet yang lainnya lagi cocok untuk satu orang lainnya lagi. Jadi, musti cari mana yang benar-benar pas buat diri masing-masing,” kata Dr Ferry Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, dikutip dari siaran langsung di kanal YouTube Partai Perindo, Senin (4/7/2022).

Hal yang pasti harus dijalani idealnya adalah menjalani pola hidup sehat. Mulai dari makan makanan yang seimbang, mengurangi lemak, garam, dan gula, hingga berolahraga, dapat berkontribusi menurunkan berat badan.

Jangan sampai, sambung dia, melakukan diet ekstrim yang dapat membahayakan diri sendiri.

“Kalau kalori defisit parah, sampai tidak ada asupan nutrisi, kurang cairan, jadinya nanti dia bisa gulanya rendah atau hipoglikemia, tensinya rendah atau hipotensi, sampai akhirnya dia bisa kolaps juga, itu yang bahaya,” jelasnya.

Menurutnya, kunci diet yang berhasil itu dimulai dari diri sendiri. Mulai dari niat hingga disiplin saat menjalankannya. Bukan hanya bersemangat dan rajin saat memulai di awalnya saja, tapi malas-malasan di tengah-tengah.

“Yang penting konsisten, terus menjalankan diet yang sustainable. Jadi, harus diperhatikan dari balance diet apa yang dimakan asupannya, diukur komposisi karbohidrat, protein, lemaknya. Yang penting caranya benar dan konsisten, itu pasti bisa menurunkan berat badan,” tutup Dr. Ferry

 BACA JUGA:9 Tips Sehat Bekerja di Depan Laptop Seharian

BACA JUGA: Penderita Diabetes dan Hipertensi, Baca Tips Sehat Berpuasa Ini!

1
2