Share

Jadi Penyakit Paling Banyak Dialami Jamaah Haji Indonesia, Ini 5 Makanan yang Ampuh Turunkan Hipertensi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 17:42 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Hipertensi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT hipertensi memang menjadi salahs atu penyakit yang paling banyak menyerang para jamaah haji. Bahkan, dari 14 orang jemaah haji yang meninggal di tanah suci, 12 di antaranya menderita penyakit hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi biasa didefinisikan dengan nilai tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg. Obat-obatan penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) biasa digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain obat, dokter pastinya akan menyarankan pasien untuk memperbaiki gaya hidup, termasuk lebih selektif mengonsumsi makanan. Nah, berikut adalah 5 rekomendasi makanan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup baik seperti dilansir dari Healthline.

Hipertensi

Buah sitrus

Buah sitrus di sini termasuk anggur, jeruk, dan lemon. Buah ini memiliki efek menurunkan tekanan darah yang cukup kuat. "Buah-buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa alami lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh," tulis laman tersebut, dikutip MNC Portal.

Studi 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa konsumsi jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan secara signifikan berkolerasi dengan penurunan tekanan darah. Ini efek dari asam sitrat dan flavonoid yang terkandung di lemon.

Salmon

Ikan berlemak baik seperti salmon adalah sumber omega 3 yang sangat baik, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak baik itu juga dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan oxylipins.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi daging salmon dapat menurunkan tekanan darah. Hal itu juga dibuktikan pada studi yang melibatkan 2.036 orang sehat, bahwa mereka yang rutin mengonsumsi salmon tekanan darahnya normal.

Buah beri

Buah beri juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan karena manfaat itu, buah beri dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Buah ini kaya akan antioksidan.

Wortel

Sayuran yang satu ini kaya akan senyawa fenolik seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang mana itu semua membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Wortel mentah dianggap lebih baik untuk menurunkan tekanan darah. Ini dibuktikan dalam studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun bahwa mengonsumsi wortel mentah secara signifikan dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

Seledri

Sayuran ini pun sudah begitu populer dikonsumsi untuk mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi. Hal itu karena seledri mengandung senyawa bernama phthalates yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk seledri, peneliti percaya bahwa sayuran ini memberikan manfaat lebih jika dimasak terlebih dulu, tidak dimakan mentah. Beda dengan wortel sebelumnya.

1
2