Share

Apakah Vaksin Covid-19 Akan Berkelanjutan?

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 17:12 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

VAKSINASI Covid-19 diketahui sebagai langkah memberikan perlindungan di tengah pandemi. Di mana vaksin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh (antibodi) bagi masyarakat.

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Adib Khumaidi, SpOT bahwa vaksin bisa saja terus berlanjut. Selama masih ada kasus, seperti Covid-19.

 Vaksinasi Covid-19

"Sekarang apakah vaksin itu hal yang memang harus dirutinkan? Maka pada saat potensi itu masih ada pada saat kasus masih ada," ujar Dr Adib di Acara Konferensi Asosiasi Dokter Medis Sedunia, Senin (4/7/2022).

"Upaya salah satu perlindungannya, tentu selain prokes dan kita tahu bahwa pembentukan antibodi. Kemudian munculnya antibodi, kemudian akhirnya perlu booster atau tidak," jelasnya.

 BACA JUGA:Vaksin Booster Syarat Naik Pesawat, Bandara Siapkan Gerai Vaksinasi

Menurutnya, belum ada yang tahu pasti bahwa kasus Covid-19 atau lainnya berlanjut sampai kapan. Sehingga vaksin jadi salah satu upaya melindungi, seperti vaksin hepatitis, berangkat haji,dsb.

Dia pun menilai masih ada peluang untuk kasus terus berkembang. Untuk vaksin Covid-19, menurut Dr Adib bisa jadi rutin.

"Karena kita belum tau kasus ini selesai atau masih berlangsung terus. Sehingga vaksin ini akab menjadi 1 dasar upaya untuk melindungi kita seperti vaksin-vaksin lain ada hepatitis atau vaksin berangkat haji itu," imbuhnya.

"Kemungkinan munculnya beberapa kasus akan terjadi, terkait Covid-19 bukan tidak mungkin vaksin ini akan menjadi satu upaya yang jadi rutin dalam periode tertentu untuk diberikan," katanya.

1
2