Share

5 Hal yang Tidak Diperbolehkan untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 13:05 WIB
$detail['images_title']
Ibu hamil punya pantangan (Foto: Hindustan times)

Saat seseorang mengalami kehamilan, maka ia harus semakin menjaga kesehatan tubuhnya. Ini dilakukan demi kesehatan si ibu hamil dan calon bayinya.

Terdapat beberapa hal yang tak boleh dilakukan ibu hamil demi menjaga kesehatannya saat hamil seperti dilansir dari Parents. Apa saja?

 makan

1. Jangan makan untuk dua orang

Semakin banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan berlebihan saat hamil. Sebab mereka makan lebih banyak. Bahkan seringkali makan untuk dua orang, dia dan bayi dalam kandungannya.

2. Jangan kelebihan karbohidrat olahan

Roti putih, nasi putih, permen dan soda masuk ke aliran darah ibu hamil, meningkatkan kadar glukosa darah. Menyebabkan bayi baru lahir yang lebih gemuk, yang berisiko lebih besar mengalami kelebihan berat badan saat mereka tumbuh dewasa.

3. Jangan abaikan keamanan makanan

Ibu hamil wajib melindungi diri dan bayinya dari bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella dan Listeria. Jangan makan daging mentah atau setengah matang, unggas, makanan laut atau telur, dan jangan makan sisa makanan yang telah disimpan lebih dari dua jam.

4. Jangan pergi lebih dua atau tiga jam, tanpa makan

Menjaga kondisi tetap stabil agar tidak pusing atau lemas selama beraktivitas. Tetapi menjaga kadar gula darah bagi ibu hamil tetap stabil itu penting dengan tidak membiarkan perut kosong/tidak makan.

 BACA JUGA:Berhubungan Badan setelah Suntik KB, Bisa Hamil Kah?

5. Jangan lupa minum setidaknya 12 gelas 8 ons cairan setiap hari

Bagi ibu hamil ketika kekurangan cairan, tubuh membuat hormon yang mensimulasikan kontraksi. Tetap terhidrasi juga membantu mencegah sakit kepala, batu ginjal, pusing dan keluhan umum kehamilan seperti sembelit dan wasir.

(DRM)

1
1