Share

Kolesterol Tinggi Bukan Penyakit, Lalu Apa?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 10:47 WIB
$detail['images_title']
Sakit kepala karena kolesterol tinggi (Foto: Pinterest)

SELAMA ini banyak orang menilai bahwa kolesterol tinggi adalah suatu penyakit. Padahal, ditegaskan Prof Zubairi Djoerban, kolesterol tinggi itu bukan penyakit.

"Ini yang orang sering salah paham. Kolesterol tinggi itu bukan penyakit," tegas Prof Beri di Twitter beberapa waktu lalu.

 kolesterol tinggi

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu mengatakan, kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang berisiko untuk menderita penyakit, terutama jantung dan pembuluh darah.

Di kesempatan itu, Prof Beri menjelaskan, kolesterol pada dasarnya punya tujuan di tubuh manusia. Sebab, kolesterol merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya sebagai komponen pembuat hormon, empedu, dan vitamin D.

 BACA JUGA:Selain Segar, Minum 4 Jus Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Nah, kalau kolesterol berlebihan baru menyebabkan masalah kesehatan dan memicu penyakit. Ketika kolesterol berlebihan, terang Prof Beri, itu akan berpotensi menumpuk di dinding pembuluh darah.

"Kalau sudah begitu, kolesterol yang berlebih itu bisa membentuk lapisan lengket (plak) yang lama-lama menebal di sepanjang pembuluh darah, sehingga dapat menghambat bahkan menutup total aliran darah," terangnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh jumlahnya berlebihan. Menurut Prof Beri, faktornya mulai dari kelainan bawaan atau berhubungan dengan penyakit lain seperti diabetes yang tidak terkontrol.

"Tapi, sebagian besar penyebab kasus kolesterol tinggi adalah karena tingginya asupan kolesterol dari diet yang tidak benar dan kurangnya aktivitas fisik," kata Prof Beri.

1
2