Share

Gelombang BA.4 dan BA.5 Diprediksi Juli, RS Darurat Covid Wisma Atlet Mulai Disiagakan

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 13:00 WIB
$detail['images_title']
Wisma Atlet (Foto: MNC Portal)

MELIHAT tren angka kasus positif Covid-19 selama beberapa waktu belakangan ini. Pemerintah memprediksi, Indonesia akan menghadapi gelombang Omicron pada pertengahan Juli 2022, dengan dua subvarian dari Omicron yang mendominasi kasus yaitu BA.4 dan BA.5.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, pada pertengahan Juni lalu.

"Berdasarkan pantauan kami umumnya puncak varian BA.4 dan BA.5 itu satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi sekitar minggu ketiga Juli kita akan lihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," kata Menkes Budi, baru-baru ini.

Sebagai langkah persiapan hantaman gelombang baru Omicron varian BA.4 dan BA.5, Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Nasional, Prof Wiku Adisasmito menyebut saat ini pemerintah tengah menyiapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet.

BACA JUGA:Catat! Ini 2 Syarat Utama Gelar Acara Besar Saat Pandemi Covid

BACA JUGA:5 Cara Alami Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Nyut-nyutan

"Pemerintah selalu mempersiapkan fasilitas kesehatan yang ada termasuk kesiapan RSDC Wisma Atlet, agar selalu siaga,” ujar ujar Prof. Wiku dalam konferensi pers Update Covid-19, dikutip Minggu (3/7/2022)

“Pemerintah berharap jika kenaikan kasus, maka tidak terjadi kenaikan yang signifikan dan peranan tersebut dapat ditangani dengan baik," lanjutnya.

Selain itu, pemerintah terus melakukan kampanye untuk membangun kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19. Di mana kebijakan ini, bisa diimplementasikan serta disesuaikan dengan situasi terkini.

"Pemerintah akan terus mengkampanyekan kepatuhan protokol kesehatan, baik saat kasus landai mau pun cenderung naik. Kebijakan yang telah ada akan terus dioptimalisasi implementasinya dan terus disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang terbaru," tandasnya.

1
2