Share

Update Capaian Vaksinasi Booster, Wiku: 28 Provinsi Masih di Bawah 30 Persen

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 11:38 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi booster masih rendah (Foto Ilustrasi: Reuters)

KASUS Covid-19 terus meningkat tidak diiringi dengan cakupan vaksinasi booster. Cakupan vaksinasi booster  28 dari 34 Provinsi di Indonesia masih di bawah 30 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Nasional, Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Update Covid-19. Vaksinasi booster dinilai lebih lamban progresnya, dari vaksin dosis 1 dan 2.

Cakupan Vaksinasi Booster

Wiku menjelaskan bahwa baru ada satu provinsi yaitu Bali. "Selain itu 28 dari 34 provinsi masih dibawah 30 persen, hanya Bali yang sudah sampai 50 persen," ujar Prof Wiku, dikutip Sabtu (2/7/2022)

Sementara, untuk cakupan vaksinasi di atas 40 persen yaitu DKI Jakarta dan Kepulauan Riau. Kemudian, cakupan vaksinasi yang di atas 30 persen yaitu DIY, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

Dalam penjelasannya, dia menyinggung bahwa vaksin sama pentingnya seperti masker. Dapat melindungi, bila vaksin mampu membentuk antibodi atau sistem kekebalan tubuh.

Menurutnya cakupan vaksinasi booster secara nasional baru diangka 24 persen. "Selanjutnya saya ingin menekankan bahwa vaksin sama pentingnya dengan masker. Karena vaksin akan melindungi masyarakat secara menyeluruh," imbuhnya

"Dengan meningkatkan kekebalan komunitas, sayangnya cakupan booster belum signifikan peningkatannya. dimana cakupan nasional baru 24 persen," jelas Prof Wiku

(hel)