Share

5 Kiat agar Tidak Malas Olahraga, Jangan Cuma Jadi Kaum Rebahan!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Jadikan olahraga kebiasaan agar tidak malas (Foto: Timesofindia)

UNTUK memulai rajin olahraga terkadang sangat berat bagi sebagian orang, terutama si pemalas. Orang pemalas biasa mageran alias malas gerak untuk beraktivitas.

Namun untuk menjaga kesehatan, sebenarnya, cara ampuh untuk mengatasi malas berolahraga sehingga tidak terus menjadi kaum rebahan, yakni membuatnya sebagai kebiasaan.

Jika sudah terbiasa, Anda pasti akan melakukannya dengan senang hati, tanpa merasa terpaksa, hingga akhirnya ketagihan. Tapi, bagaimana caranya? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini!

1. Tentukan tujuan olahraga

Olahraga

Tips olahraga untuk pemalas pertama adalah dengan menentukan tujuan Anda. Misalnya untuk mengecilkan lingkar paha, menghilangkan lemak di perut, atau mungkin menurunkan berat badan. Tapi harus masuk akal, misalnya menurunkan berat badan 10 kilogram dalam seminggu. Tentu rasanya tak masuk akal dan terlalu muluk, bukan?

Jika ingin menentukan target penurunan berat badan, cobalah beri waktu yang tidak terlalu ketat. Misalnya, jika ingin turun 10 kilogram, tentukan target waktu 3-4 bulan, agar kamu tetap sehat dan bisa menikmati olahraga sebagai kebiasaan baik.

BACA JUGA : 5 Variasi Pull Up untuk Bentuk Otot Tubuh ala Model JRyan Karsten

2. Mulai dengan durasi yang singkat

Tips olahraga untuk pemalas kedua adalah memulai dengan durasi yang singkat. Memaksakan diri langsung berolahraga berat, padahal belum pernah berolahraga sebelumnya hanya akan membuat tubuh Anda sakit. Alhasil, Anda jadi kapok dan tak ingin olahraga lagi. Oleh karena, cobalah mulai olahraga dengan durasi yang singkat, misalnya 7 menit saja setiap harinya. Kemudian panjangkan durasi secara berkala, dari 7 menit ke 10 menit, lalu ke 15 menit, dan seterusnya. Dengan begitu, olahraga pasti akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

BACA JUGA : Tips Olahraga Bikin Perut Rata ala Natasha Wilona, Langsing dan Ideal!

3. Pilih olahraga yang Anda sukai

Tips olahraga untuk pemalas ketiga adalah memilih olahraga yang Anda sukai. Di awal olahraga, hindari pemilihan olahraga yang berintensitas tinggi. Anda bisa mulai dengan yang ringan, seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda. Setelah beberapa hari melakukan olahraga tersebut dengan durasi 7 menit, dan Anda merasa sanggup jika durasi olahraga ditambah, maka Anda bisa menambah intensitas olahraga Anda sedikit demi sedikit.

4. Setel musik saat olahraga

Olahraga di Rumah

Tips olahraga untuk pemalas keempat adalah menyetel musik saat berolahraga. Jika Anda hobi mendengarkan musik, cobalah lakukan sambil berolahraga. Niscaya kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa terlalu menyiksa. Meski hanya 3,5 menit, tapi setidaknya Anda sudah berusaha. Lama kelamaan, sambil mendengarkan satu album artis kesayangan, Anda tak sadar sudah berlari selama 30 menit. Jadi, lebih seru, kan?

5. Apresiasi diri sendiri

Tips olahraga untuk pemalas kelima adalah memberi apresiasi kepada diri sendiri. Ini merupakan wujud motivasi dalam mencapai target atau berhasil menurunkan berat badan dengan membuat hati senang. Adapun apresiasi yang bisa Anda lakukan seperti membeli perlengkapan olahraga baru, liburan akhir pekan, malam bersantai dengan acara TV favorit Anda, membeli buku baru yang Anda idam-idamkan, atau membeli makanan yang Anda inginkan. Tapi ingat, jangan berlebihan, ya!

1
2