Share

Selain Segar, Minum 4 Jus Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 10:30 WIB
$detail['images_title']
Jus tomat ampun turunkan kolesterol (Foto: Timesofindia)

KOLESTEROL tinggi dapat menjadi masalah kesehatan serius. Seperti diketahui, kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.  

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua, yaitu baik yang disebut HDL dan kolesterol jahat dinamakan LDL dan gliserida. Peningkatan kadar LDL dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung.

Kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, makan lebih sedikit makanan olahan dan mengurangi lemak trans dalam makanan. Menjaga kolesterol pada tingkat yang sehat akan memastikan Anda panjang umur dan sehat.

Dilansir dari laman Times of India berikut ini jus atau minuman yang bisa menekan kadar kolesterol Anda. Berikut empat di antaranya:

1 Jus Jeruk

jus jeruk

Penelitian dalam jurnal Lipid In Health and Disease menemukan bahwa mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Selain itu apabila Anda ingin mencukupkan kebutuhan serat pangan harian dengan mudah, maka jeruk adalah pilihan sempurna. Bahkan, satu buah jeruk berukuran besar akan memberikan kita 18 persen dari angka kecukupan gizi harian serat. Serat dalam buah jeruk juga beragam, termasuk pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

BACA JUGA : 7 Buah Ini Ternyata Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

BACA JUGA : Kolesterol Tinggi? Ini 6 Olahraga yang Ampuh Menurunkannya

2. Jus Wortel

Selanjutnya juss penurun kadar kolesterol tinggi, yaitu jus wortel. Sayuran satu ini mengandung kalium yang bisa menjaga kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Tak hanya itu saja, terdapat manfaat lainnya. Manfaat wortel didapat dari kandungan beta-karoten di dalamnya, yang berguna sebagai antioksidan. Selain beta-karoten, manfaat wortel juga didapat dari kandungan serat, vitamin K, dan kalium. Wortel mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

3. Jus Tomat

Jus Tomat

Tomat memiliki jumlah likopen yang baik, dan merupakan antioksidan bisa membantu melindungi kerusakan sel. Hal yang menarik dari tomat adalah pengolahannya dapat membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

Hal tersebut juga mengandung niasin dan serat penurun kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan 280ml per hari selama 2 bulan secara signifikan, dapa meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

4. Smoothie Berry

Buah berry adalah sumber yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Banyak buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry sarat dengan antioksidan dan serat.

Segenggam buah beri dengan susu rendah lemak sebagai shake setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

1
2